Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Sitaro

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang ke-16 tahun, dilaksanakan di Lapangan Batahi Ondong, Selasa (23/5/2023).


Upacara dihadiri oleh Bupati Evangelian Sasingen, turut bersama juga, Anggota DPRD Provinsi Sulut, Toni Supit, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, Drs. John H. Palandung M.Si, Ketua DPRD Kab. Sitaro, Djon Ponto Janis, SH, Segenap Anggota DPRD Kab. Sitaro, Kapolres Kepl. Sitaro AKBP Iwan Permadi, Unsur Forkopimda Sitaro, Sekretaris Daerah Denny Kondoj bersama para Asisten Sekda, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD Kabupaten Kepulauan Sitaro, Tim Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kapitalau, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Pemekaran Kabupaten Sitaro atau dikenal dengan tim 17, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Kepl. Siau Tagulandang Biaro, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Undangan serta insan pers.


Hadir juga mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yakni Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda Provinsi Sulut, Drs. Edwin Kindangen, M.Si dan Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos. MIP.

BACA JUGA  Latihan Gabungan Ditpolairud, Takdir: Kita Jaga Laut Bersama


Ada pemandangan yang berbeda, kali ini para pejabat tampil dalam balutan busana tradisional, mengenakan pakaian adat berupa kebaya, baniang dan laku tepu yang merupakan (pakaian adat nusa utara).


Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Bupati berharap momentum Hari Ulang Tahun Daerah Kabupaten Sitaro menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus berbuat dan berkarya yang terbaik bagi kemajuan Kabupaten Kepulauan Sitaro.


“Bersyukur kepada Tuhan, karena sampai umur ke-16 tahun semua karena anugerah, tergolong muda namun luar biasa prestasi-prestasi yang kita raih bersama. Semua itu karena berkat kebersamaan yang indah, kerjasama semua lini yang ada di Kabupaten Sitaro ini baik pemerintah, stakeholder, Bapak/Ibu Anggota Dewan, bahkan masyarakat, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, yang selalu mendoakan pemerintah, dan ikut terlibat dalam pemerintahan daerah sehingga di umur yang muda banyak prestasi yang ditorehkan oleh kabupaten sitaro ini, “kata Bupati.


Oleh karena itu Bupati mengajak segenap masyarakat Kabupaten Sitaro untuk bersyukur, sehingga karya di masa mendatang dalam membangun Cilacap akan lebih sukses. Selain itu patut disyukuri pula selama ini banyak prestasi yang diraih oleh Kabupaten Sitaro.

BACA JUGA  Polo Dundang Hadiri Upacara Peringatan HUT Sitaro Ke-17 dan Peringatan Hari Lahir Pancasila


Menurut Bupati, keberhasilan ini tentu bukan keberhasilan Pemkab Sitaro semata, tetapi seluruh masyarakat. Dari pencapaian ini, tak lantas membuat Pemkab Sitaro berpuas diri, tetapi jadi pendorong agar bekerja lebih keras dan lebih baik dalam memajukan dan membangun Daerah Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo.


“Dan jelas harapan di umur yang baru ini, apa yang telah kita raih tetap kita pertahankan dan lebih lagi untuk memperbaiki, dan berbuat lebih lagi untuk Sitaro kedepan. Apa yang belum sukses atau yang masih tertunda jelas kita akan kerja dan maksimalkan untuk menuntaskannya, “tukas Bupati.



Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan Bantuan dan Penghargaan secara simbolis Bantuan Penyandang Disabilitas, Kementrian Sosial dengn penerima di Sitaro ada 71 orang.
Penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi di bidang sosial budaya, dengan penerima Steijvi Kaseh.


Juga pada kesempatan tersebut Bupati, Evangelian Sasingen, meresmikan secara simbolis pembangunan tahun anggaran 2022 untuk 28 sekolah.


Bupati Sitaro juga menerima bantuan dari Csr PT. Bank SulutGo, Rp. 276.900.000 Dump Truck Isuzu Traga.

BACA JUGA  Kejar Target 70 Persen, Polres Simeulue Genjot Vaksinasi


Dalam memeriahkan Hut Daerah ke 16 tahun juga digelar Lomba Pemotongan Lue Adat Tamo dan Lomba Kebersihan Kelurahan/Kampung se Sitaro, lomba yel-yel dan lainnya. Lomba pemotongan Kue Adat Tamo bertujuan juga untuk melestarikan kearifan lokal dimana Kue Adat Tamo sendiri merupakan warisan leluhur. Adapun lomba diikuti oleh 25 peserta siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Kemeriahan peringatan HUT Sitaro ini juga dilanjutkam dengan malam keramaian yang diwarnai dengan suasana keakraban sambil menari Masamper dan Ampa Wayer. Ada beberapa pertunjukkan kesenian juga yang ditampilkan pada kesempatan tersebut.


Dalam mensyukuri peringatan Hari Ulang Tahun ke 16 Kabupaten Kepulauan SITARO juga menggelar Ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Oikumene, yang dilayani oleh Pdt. YANDI MANOBE, S.Th Rabu, (24/05/23) Pukul. 18.00 WITA bertempat di Lapangan Batahi Ondong, Kecamatan Siau Barat.


Diakhir kegiatan, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen yang didampingi Wakil Bupati John Palandung memberikan hadiah dan penghargaan kepada juara lomba dalam memperingati HUT Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang ke 16 Tahun. (advertorial)

IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *