IMG-20240505-WA0006

Djon Ponto Janis Dukung Gelaran Adat Muliku Wanua

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Djon Ponto Janis turut mendukung kegiatan Adat Muliku Wanua yang digelar Pemerintah Kabupaten Sitaro melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sitaro bersama masyarakat.

IMG-20240227-124711

Pj Bupati Kepulauan Sitaro, Joi E B Oroh menghadiri dan membuka kegiatan Budaya Muliku Wanua tahun 2024 dan dihadiri bersama Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Tony Supit secara langsung
di wilayah Tagulandang bertempat di Pendopo Kecamatan Tagulandang, Minggu (28/1/2024).

Gelar budaya ini dilaksanakan dengan melakukan karnaval yang dimulai dari depan Kantor Camat Tagulandang menuju ke Kecamatan Tagulandang Utara terus ke Kecamatan Tagulandang Selatan kemudian mengelilingi Pulau Tagulandang sambil bernyanyi dan bergoyang mengikuti musik Masamper dan kembali finish di Kantor Camat Tagulandang.

Djon Ponto Janis mengatakan budaya ini merupakan ajang bersilahturahmi antar sesama masyarakat seiring dengan menyambut serta menjalani tahun yang baru dengan berjalan mengelilingi Pulau Tagulandang.

“Muliku Wanua berarti berkeliling pulau, sebuah tradisi berjalan kaki mengelilingi Pulau Mandolokang. Tradisi ini bermula pada suatu perayaan tahun baru di masa silam, sebagai ajang silaturahmi dan saling mengucapkan selamat tahun baru pada kerabat serta penduduk Pulau Mandolokang dengan berjalan kaki dari satu desa ke desa lainnya. Kebiasaan itu terus dilestarikan sampai saat ini,” ujar Koyon

Ia mengajak dengan ajang pagelaran Muliku Wanua ini marilah kita tetap mempertahankan nilai budaya tersebut, sebab didalamnya terkandung nilai kerukunan antar Suku, Ras, Agama akan terus terjaga dan terbina.

Selain Pj Bupati Joi E B Oroh, kegiatan ini dihadiri oleh Tony Supit, mantan Wakil Bupati Piet Hein Kuera, Anggota DPRD Kabupaten Sitaro, Ketua Fraksi DPRD Moghtar Kaudis, unsur Forkopimda dan Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Kepala Bagian Setda, Camat, Lurah dan Kapitalau se-Sitaro, ASN, BUMN, BUMD, dan masyarakat.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000