Ketua PMI Sitaro Sambangi Korban Erupsi Gunung Ruang di Lokasi Pengungsian

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pasca erupsi Gunung Api Ruang, Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengunjungi masyarakat Pulau Ruang yakni warga Kampung Laingpatehi dan Pumpente yang mengungsi di Balai Pelatihan Guru di Desa Lota Pineleng, Minggu (5/5/2024).

IMG-20240227-124711

Kedatangan Ketua PMI bersama beberapa Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro ini untuk memberikan dukungan moril serta menyerahkan bantuan dari Palang Merah Indonesia kepada pengungsi.

“Hadirnya kami disini, untuk memberikan dukungan support, karena ini adalah tugas kami untuk menjalankan misi kemanusiaan, dan memperhatikan serta perduli kepada masyarakat Sitaro,” ucapnya.

BACA JUGA  Polres Lhokseumawe Lakukan Pengamanan Pada Pengungsi Rohingya di Muara Batu

“Kami meninjau langsung ke lokasi pengungsian, kami memantau baik sarana prasarana, kebutuhan pokok dan beraudiensi dengan Kapitalau dan masyarakat dari kedua kampung tersebut, seraya memberi support moril, “tambahnya.

Diketahui Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Pemerintah Kabupaten Sitaro secara bertahap mengosongkan wilayah yang masuk ke dalam radius enam kilometer dari puncak gunung, sesuai rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Selain dievakuasi ke wilayah radius yang aman, warga juga dievakuasi menuju beberapa lokasi di luar Pulau Tagulandang, seperti Kota Manado, Kota Bitung, dan Minahasa Utara. Perpindahan sementara masyarakat terdampak difasilitasi oleh TNI AL menggunakan KRI Kakap 811, Basarnas dengan KM Bima Sena, dan ASDP yang mengerahkan KM Marina, KM Lokong Banua, KM Lohoraung, KM Pasatibo, termasuk kapal fery lainnya serta perahu motor milik warga.

BACA JUGA  Sekda: ASN Harus Patuh dan Jadi Panutan dalam Pelaporan Pajak

Tim dari Dinas Kesehatan, PMI, termasuk relawan lainnya terus memberikan layanan kesehatan dan membagikan masker secara rutin, menyusul erupsi Gunung Ruang yang masih terjadi secara berkala dan menyemburkan abu vulkanik yang dapat berisiko bagi kesehatan masyarakat.

Dalam upaya penyelamatan dan evakuasi, PMI Kab. Sitaro juga telah berupaya memenuhi  kebutuhan dasar warga terdampak dengan mendistribusikan bantuan makanan, seperti beras, telur, mie instan, sarden, gula, dan minyak goreng. Bantuan juga diberikan dalam bentuk hygiene kit atau peralatan kebersihan, alat mandi, pembalut wanita, terpal, dan baby kit.

BACA JUGA  Sejumlah Jabatan Jajaran Polres Rohil Diserahterimakan

Lebih lanjut, Bupati Sitaro periode 2018-2023 ini mengajak seluruh elemen masyarakat dan semua stakeholder untuk peduli kepada sesama masyarakat yang membutuhkan.

Pada Kesempatan itu juga, Sasingen mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari relawan-relawan PMI Sitaro dan rombongan yang selalu sigap untuk membantu proses evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang dengan alasan keselamatan dan keamanan masyarakat.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000