Pramuka Sergai Gelar Berbagai Kegiatan di Masjid Agung

IMG-20240409-WA0076

Sergai, TRIBRATA TV

Gerakan Pramuka Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) menggelar berbagai kegiatan keagamaan di Masjid Agung Sergai tepatnya di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

IMG-20240227-124711

Kegiatan ini diikuti 50 kader Pramuka berasal 13 kecamatan se-Sergai. Para peserta mendirikan perkemahan di areal depan Masjid Agung Sergai sejak sore Jum’at (22/4/2022) hingga beakhir Minggu (24/4/2022).

Selain itu, kader pramuka yang merupakan generasi muda tersebut juga mengisi kegiatan dengan melaksanakan Solat Isya dan Tarawih berjamaah. Selanjutnya bertadarus Alqur’an secara berkelompok.

Tadarus ini dibagi menjadi dua kelompok, perempuan dan pria. Tadarus Al Qur’an ini rencananya besok malam, Sabtu (25/4/2022) dijadwalkan sudah khatam, karena malam ini untuk juz 1-15 khusus kelompok perempuan dan pria dari juz 16 hingga 30.

BACA JUGA  Retak-retak, Pembangunan Gedung Instalasi Farmasi Sergai Diduga Bermasalah

Sekdakab Sergai yang juga Ka.Kwarcab Gerakan Pramuka Sergai HM.Faisal Hasrimy AP,M.AP usai menunaikan Solat Isya dan Tarawih menyempatkan diri melihat kader pramuka yang Tadarus Alqur’an.

Disela-sela peninjauan tersebut, ia menuturkan kegiatan ini adalah mensinergi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sergai dengan kegiatan Bulan Suci Ramadhan yang secara bersamaan dilaksanakan.

Tentunya sebut Faisal, kegiatan ini merupakan wujud dari visi Mandiri, Sejahtera dan Religius.

“Berkaitan dengan visi tersebut, maka hari ini kader Pramuka kita ajari untuk Mandiri. Nah, jika sudah Mandiri nantinya maka akan munculah pemikiran untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, muncul juga keseriusan dalam belajar, guna mencapai cita-cita yang diimpikan,” katanya.

BACA JUGA  Dampak Pandemi, Objek Wisata Danau Toba Sepi Saat Libur

“Pendidikan yang diajarkan tersebut akan mengubah pola fikir mereka untuk maju ke depan. Di Pramuka juga penting diberikan pendidikan untuk membentuk karakter yang kuat,hebat, pintar tentunya konsekuwensinya nanti sejahtera,” katanya.

Kemudian semua kader pramuka diberikan pembekalan Imtaq (Iman dan Taqwa), pendidikan Imtaq ini wujud dari Religius, berupa pembelajaran terhadap Alqur’an dan ilmu agama.

“Dengan pembentukan karakter diharapkan nantinya kader Pramuka menjadi agen perubahan dan bisa menjadi virus-virus yang baik untuk disebarkan di setiap kecamatan, ” jelas Sekdakab didampingi Asisten II Drs. Nasrul Aziz Siregar.

BACA JUGA  Warga Binaan Lapas Kotapinang Bangun Menara Pohon Natal

Sementara Ketua Harian Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai H. Usman Effendi Sitorus S.Ag, M.AP menambahkan, kegiatan ini merupakan program Kwarcab (kwatir Cabang) Pramuka untuk pembentukan agen perubahan yang diikuti 50 kader Pramuka.

Pendidikan yang ditanamkan ini bertujuan agar kader Pramuka bisa memenuhi kebutuhan masyarakat seperti imam, bilal mayit dan sekaligus sebagai corong bagi kaum milenial tentang penting posisi generasi muda dalam pembangunan Kabupaten Sergai.

Masjid Agung Sergai dipilih sebut Usman Effendi yang akrab Ustor, karena salah satu ikon daerah.

Selain itu, kita menyahuti harapan Bupati Sergai agar Masjid ini untuk kita ramaikan tidak hanya untuk aktivitas solat saja, melainkan kegiatan keagamaan. (hakim sitanggang)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *