Sukseskan Dasawisma, Camat Medan Tuntungan Kunjungi 2 Kelurahan Setiap Hari

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Menghadapi pandemi Covid-19, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) memiliki program revitalisasi, yaitu Dasawisma.

IMG-20240227-124711

Peran Camat tentu sangat berpengaruh untuk menyukseskan program Dasawisma tersebut.

Untuk itu, Camat Medan Tuntungan, Harry Indrawan Tarigan, bersikap tegas kepada semua pihak, jajaran Kecamatan Medan Tuntungan, khususnya Kepling se-Kecamatan Medan Tuntungan.

Dalam apel gabungan bersama Lurah dan Kepling se-Kecamatan Medan Tuntungan beberapa hari lalu, Harry menyampaikan agar pendataan Dasawisma segera diselesaikan.

BACA JUGA  Puskesmas Onolalu Sosialisasi Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

“Saya akan turun langsung ke 2 kelurahan setiap hari untuk memastikan hal ini dan apa saja yang menjadi kendala. Pendataan Dasawisma ini sangat penting dilakukan. Untuk itu, peran serta semua pihak, khususnya Kepala Lingkungan sangat dibutuhkan,” tegas Harry.

“Peran Kepling dalam pendataan Dasawisma sangat vital, bapak dan ibu Kepling mengenal wilayahnya masing-masing. Tentu harus pula mengenal keberadaan dan kondisi warganya,” lanjutnya.

Ia memaparkan Dasawisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi, adalah beberapa contoh tanggung jawab ketua Dasawisma, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke Ketua PKK.

BACA JUGA  Jumat Barokah, Ketua Pewarta Bagikan Sembako pada Kaum Duafa dan Santuni Anak Yatim

“Kelompok Dasawisma terdiri dari 10-20 KK dalam satu RT, setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua,” katanya.

“Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga, bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat seperti PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah, dan kotoran,” bebernya.

BACA JUGA  Saat Simulasi di Siantar, Petugas KPPS Grogi dan Lama Menghitung Logistik

Menurutnya, Program PKK ini menjadi bagian penting yang harusnya mendapat perhatian kiat semua, di mana Dasawisma tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

“Program tersebut diharapkan mampu untuk dapat memberdayakan kelompok PKK hingga ke kelompok terkecil, dengan harapan mampu melahirkan generasi yang tangguh. Oleh karenanya, untuk mewujudkan hal tersebut dimasa pandemi, dibutuhkan kerja sama semua pihak, agar terjadi sinergitas dalam menjalankan program tersebut,” pungkasnya. (edrin/r)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *