Puskesmas Onolalu Sosialisasi Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Puskesmas Onolalu Kabupaten Nias Selatan, Sumut menyosialisasikan pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), Selasa (12/10/2021). Acara ini merupakan bagian dari agenda Puskesmas Onolalu untuk menjaga kesehatan lingkungan desa.

IMG-20240227-124711

STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Desa, Kepala Dusun, Kaur Perencanaan Desa, Bidan Desa Onolalu serta masyarakat Desa Hilionaha Onolalu yang belum mempunyai sanitasi yang baik, khususnya jamban.

Acara dibuka Kepala Desa Hilionaha, Bezisokhi Duha yang menyampaikan terima kasih pada warga masyarakat yang hadir.

Tim dari Puskesmas Onolalu menjelaskan bahwa sanitasi total adalah kondisi ketika suatu masyarakat, tidak buang air besar sembarangan (BABS), mencuci tangan menggunakan sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman.

Kemudian mengelola sampah dengan benar dan mengelola limbah rumah tangga dengan aman.

Selain dilarang untuk buang air besar sembarangan, masyarakat juga dihimbau untuk cuci tangan pakai sabun (CPTS) untuk mencegah diare hingga 80%. Juga bisa mencegah penyakit lain seperti ISPA dan influenza dan hepatitis.

Materi dilanjutkan dengan pengelolan air minum di rumah tangga (PAM-RT) yaitu suatu proses pengolahan, penyimpanan dan pemanfaatan air yang digunakan untuk produksi makanan dan keperluan oral lainnya seperti berkumur, sikat gigi dan persiapan makanan/minuman bayi.

Karena itu diharuskan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menangani air minum, menghindari untuk menyentuh air saat mengambil air minum dan membersihkan wadah saat air telah habis dengan menggunakan air yang sudah diolah.

Kepala Puskesmas Onolalu Ohito Laia, SKM mengharapkan dengan sosialisasi STBM ini masyarakat Desa Hilionaha lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan yang dimulai dari kebersihan lingkungan rumah tangga sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga.

Juga mencegah tercemarnya lingkungan serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih dan sehat. (Fanema Bago)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *