Dandim 0210/Taput Resmikan Kampung Pancasila di Desa Sangkaran

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Kodim 0210/Taput meresmikan Kampung Pancasila di Desa Sangkaran Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (11/3/2022).

IMG-20240227-124711

Peresmian Kampung Pancasila secara perdana di wilayah teritorial Kodim 0210/Taput ini diawali dengan pengguntingan pita oleh Dandim, Letkol Inf. Hari Sandra dilanjutkan dengan penandatangan prasasti dan peninjauan demplot peternakan dan perikanan serta petenun ulos yang dikelola warga secara swadaya.

Pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Provinsi Sumatera Utara, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh satuan jajaran Kodam I/BB, salah satunya Kodim 0210/Taput.

BACA JUGA  Pemkab Deli Serdang, BPN dan BRI Tandatangani Kesepakatan Penanganan Akses Reforma Agraria

Dandim 0210/Taput Letkol Inf.Hari Sandra menjelaskan, pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut perintah Pimpinan TNI AD untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

“Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, khususnya di wilayah Kodim 0210/Taput dalam hal ini di Desa Sangkaran Kecamatan Siatas Barita,” kata Dandim.

BACA JUGA  Pengadaan dan Penyaluran Benih Jagung di Nias Barat Tak Jelas

Disebutkan masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama, dinilai Dandim sangat penting untuk dijaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

Selain itu pembentukan Kampung Pancasila di Kecamatan Siatas Barita ini sendiri, diakui Dandim akan menjadi role model atau pilot projek bagi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara.

BACA JUGA  Bupati Nias Serahkan Bantuan CPP Kepada Keluarga Resiko Stunting

Dengan kegiatan pencanangan serentak seperti ini, diharapkan akan bisa dibudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di seluruh desa di wilayah Nusantara, ujar Dandim.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, dan dihadiri Ketua DPRD Taput, Asisten I Sekdakab Taput, Parsaoran Hutagalung, Ir.Poltak Pakpahan, Kapolres Taput AKBP Ronald C Sipayung, Camat Siatas Barita Ellyanto Sitompul serta mewakli dari Pengadilan Negeri Tarutung dan Kejaksaan Negri Tarutung dan tamu undangan lainnya. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *