IMG-20240501-WA0019

BNNK Simalungun: Dukungan Masyarakat Kunci Keberhasilan Pencegahan

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Dukungan masyarakat merupakan satu kunci keberhasilan dalam upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba.

IMG-20240227-124711

Demikian dikatakan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Simalungun AKBP Suhana Sinaga
dalam Press Release penghujung tahun di Kantor BNNK Pematang Raya, Sumatera Utara, Rabu (27/12/2023).

AKBP Suhana Sinaga mengatakan pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) hingga saat ini terus meningkat, juga semakin terjalin kerjasama dan sinergis dengan instansi daerah,instansi vertikal, BUMN, lembaga pendidikan dan Swasta yang ada di daerah Kabupaten Simalungun.

Lanjutnya,selama Ttahun 2023, BNNK Simalungun melalui Program Pencegahan (Preventif) telah melaksanakan kegiatan Advokasi Program Ketahanan Keluarga Berbasis Sumber Daya Desa/ Nagori, Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat, Relawan Penggiat Anti Narkoba, Kegiatan Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba Desa Bersinar juga kegiatan berdasarkan inisiatif masyarakat (Non DIPA) melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) P4GN.

Selain itu untuk progam P4GN,BNNK Simalungun juga melakukan deteksi dini dengan melakukan test urine di berbagai lingkungan,seperti halte bus dan dilingkungan pendidikan.

“Untuk lingkungan pendidikan kita telah lakukan test urine kepada mahasiswa dan guru atau kepala sekolah,”ujarnya

Menurut Suhana di tahun 2023,BNNK Simalungun telah melakukan pemerataan terdapat 8 Nagori di Kabupaten Simalungun berstatus Bahaya.

Untuk tindakan pemberantasan (Represif) Suhana mengungkapkan telah menindaklanjuti laporan masyarakat dengan menindak 2 orang penyalahguna narkoba dengan barang bukti narkoba seberat 5,78 gram.

“Melalui kegiatan pemberantasan, target kegiatan Penyelidikan dan Penyidikan Kasus Tindak Pidana Narkotika yang volume outputnya ditetapkan sebanyak 2 berkas perkara terselesaikan hingga P21 dengan realisasi output 2 berkas perkara Kasus Tindak Pidana Narkotika yang Terungkap dan Terselesaikan hingga P21 atau output 100%. Ditambah dengan barang bukti temuan”, tambahnya.

Sementara itu untuk progam rehabilitasi, BNNK Kabupaten Simalungun juga telah menjalankan program rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba.

Diakhir kegiatan,Suhana berharap semua masyarakat Kabupaten Simalungun dapat mendukung kegiatan yang dilakukan BNNK Simalungun untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang bersih dari Narkoba. (Joe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *