Miliki Ratusan Hektar Kebun Sawit di Desa Tambang Baru, Usaha Keluarga Bersama Portal Jalan Umum

IMG-20240409-WA0076

Merangin, TRIBRATA TV

Perkebunan kelapa sawit yang terletak di Desa Tambang Baru Kecamatan Tabir Lintas Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, dengan luas mencapai ratusan hektar, memiliki cerita klasik.

IMG-20240227-124711

Kebun sawit yang terletak di RT 02 RW 01 Desa Tambang Baru ini memiliki gudang dan kantor seperti perusahaan, namun dari pihak yang bersangkutan menyatakan kalau kebun yang mereka miliki bukanlah sebuah perusahaan, melainkan kebun usaha bersama.

Di samping gudang usaha Keluarga bersama, terdapat jalan yang menurut masyarakat setempat merupakan jalan desa, namun oleh pihak Usaha Keluarga Bersama ini, jalan itu diportal.

Dari keterangan warga setempat pada Kamis 22 Desember 2022, jalan yang terletak di samping gudang tersebut dari dulunya sebelum pihak perusahaan tersebut berdiri, jalan tersebut sudah ada yang merupakan jalan bagi masyarakat menuju kebun, namun sekarang diportal.

Penuturan warga, jalan tersebut sejak dua tahun silam sudah diportal pada 2 tempat pada posisi yang berbeda. Pada awalnya portal tersebut ditolak warga bahkan dengan mengadakan aksi, sehingga portal tersebut dibuka.

Namun hanya satu portal yang dibongkar sementara portal disisi lain masih berdiri. Ironisnya sampai sekarang kalau mobil mau melewati portal tersebut harus membayar Rp200 ribu.

“Jalan ini sudah ada sebelum perusahaan itu ada. Portal yang mereka pasang ini pernah kami demo dua tahun yang silam dan portal itu kami buka bersama sama, setiap mobil yang bermuatan melewati portal tersebut harus bayar dua ratus ribu rupiah”ujar salah satu warga Desa Tambang Baru.

Sementara itu, dari pengakuan pihak perusahaan melalui Satpam EF menyatakan jalan tersebut di portal oleh kelompak tani yang tergabung dalam Usaha Keluarga Bersama.

“Jalan ini di portal oleh kelompok tani yang tergabung dalam Usaha Keluarga Bersama, untuk jelasnya saya kurang paham, karna baru kerja di sini” ujar EF. (Fitri/Azan Firdaus)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *