Wagub Sumut Tanam Pohon di DTA Danau Toba

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah bersama Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Oloan Paniaran Nababan dan Forkopimda melakukan aksi penanaman pohon pada Rabu (8/12/2021) lalu di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba di Desa Simangulampe Kecamatan Bhaktiraja.

IMG-20240227-124711

Bersama rombongan Wakil Gubernur hadir Kadis Kehutanan Provsu, Herianto, Kepala Balai PDASHL Asahan Barumum Dwi Januanto Nugroho, mewakili Kadis Perkebunan Zulkifly.

Turut hadir Wakapolres Humbahas Kompol D. Pinem, Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kasi Intel Hendra Sinaga, Dandim 0210/TU diwakili Pabung Humbahas, Mayor Inf. Wasno, Kepala KPH Wilayah XIII Doloksanggul Benhard Purba, Pimpinan OPD, Forkopimcam, dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Musa Rajekshah menyampaikan apa pun yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa pasti ada manfaatnya untuk mahluk yang hidup di dunia ini. Tapi kadang manusia tidak sadar bahwa apa-apa yang diciptakan Tuhan ada manfaatnya, sehingga tidak kita jaga apa-apa saja yang diciptakan Tuhan.

BACA JUGA  Yayas : Mengelabui Untuk Menangkap Target

“Sampai saat ini kita menghadapi Covid-19 dan manusia barulah berusaha menikmati ciptaan Tuhan. Yang tadinya dalam pertemuan-pertemuan selalu dicari ruangan yang ber-AC tetapi sekarang sudah mengadakan pertemuan di ruang terbuka. Barulah kita tahu sinar matahari begitu pentingnya dan oksigen begitu pentingnya. Jadi banyak hal-hal yang akibat pandemi Covid-19 membuat kita semakin berkhidmat,” kata Musa.

Danau Toba merupakan danau yang terbentuk akibat ledakan gunung vulkano, sehingga danau ini merupakan danau terbesar air tawar akibat gunung vulkano. Setelah terjadi danau ini, pohon tumbuh dengan tidak mudah dan tidak cepat, karena pohon tumbuh di sela-sela bebatuan. Setelah tumbuh lalu kita potong dan tidak kita lestarikan.

Wagub mengaku pernah menyampaikan kepada Meko Marvest bahwa debit air di Danau Toba sudah mulai naik dengan adanya hujan buatan. Juga disampaikan PR berikutnya adalah prnghijauan di sekitar Danau Toba. “Jangan pada saat curah hujan sudah tinggi terjadi banjir, erosi dan longsor,” tandasnya.

BACA JUGA  Polrestabes Medan Gelar Vaksinasi Berhadiah Umroh Selama Bulan Ramadhan

Penghijauan menurutnya adalah dengan penanaman pohon yang dapat menghasilkan seperti Kemiri. “Jika kita menanam pohon kemiri secara massal maka daerah ini akan penghasil kemiri yang cukup besar. Mungkin apa yang kita lakukan hari ini seperi menghayal tetapi kita tetap harus bekerja karena apa yang kita laksanakan hari ini yang menikmatinya adalah anak dan cucu kita,” ucapnya.

Sementara Oloan Paniaran Nababan dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Humbahas berterimakasih dan bangga kepada Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Asahan Barumun atas Aksi Penanaman Pohon di Desa Simangulampe Kecamatan Bhaktiraja.

“Informasi yang kami terima kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan pada tahun 2021 ini seluas 100 hektar dan pembuatan model unit pelestarian Sumber Daya Alam 10 hektar. Kami sangat mengharapkan untuk merawat tanaman ini, paling tidak selama dua tahun setelah penanaman, dengan demikian tanaman ini dapat tumbuh subur,” katanya

BACA JUGA  DPD IPK Kabupaten Deli Serdang Dilantik

Dikatakannya pelestarian lingkungan hidup adalah tugas bersama selaku insan yang beragama. Tuhan memberikan dunia ini untuk dapat kita kuasai dan juga harus dapat kita lindungi. Kita tidak boleh hanya memanfaatkan hasil yang ada di bumi ini tetapi kita juga harus punya hati nurani untuk menjaga dan melestarikannya. Apabila kita memperhatikan Kecamatan Bhaktiraja ini terdapat lahan kritis yang cukup luas.

Kepada masyarakat diharapkan agar berperan aktif untuk menanam pohon, agar alam menjadi hijau dan lestari dan anak cucu kelak dapat menikmati hasil dari pekerjaan kita ini.

Pada kesempatan itu juga kepada camat dan perangkatnya serta Kepala Desa untuk membuat Peraturan Desa terkait pembakaran hutan dan lahan.

Dalam Perdes tersebut agar dibuat sanksi yang seberat-beratnya kepada pelaku pembakaran hutan dan lahan. (tbh Mora)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *