Bahaya Buaya, Polsek Tanjungpinang Timur Pasang Imbauan Hindari Sungai Tauca

IMG-20240409-WA0076

Tanjungpinang, TRIBRATA TV

Antisipasi bahaya buaya Polsek Tanjungpinang Timur memasang spanduk himbauan buaya di Jalan Lembah Merpati Kampung Sido Makmur RT 001 RW 012 perumahan Puspandari Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang, Rabu (1/11/2023).

IMG-20240227-124711

Dalam himbauan spanduk tersebut bertuliskan “WASPADA ADA BUAYA.

Kegiatan dipimpin Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Rifi Hamdani Sitohang.

AKP Rifi Hamdani Sitohang menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Tanjungpinang khususnya warga sekitar di Sungai Tauca untuk tidak menggunakan ataupun beraktifitas disepanjang Sungai Tauca ini karena adanya buaya yang sering muncul disekitar area tersebut.

“Bilamana, warga karena diharuskan melakukan aktivitas disepanjang Sungai Tauca ini hendaknya didampingi oleh orang yang menguasai ataupun yang memahami situasi sungai agar terhindar diterkam buaya, ” terangnya.

BACA JUGA  Kabid Propam Polda Kalsel: Kasus Oknum Polisi Tabrak Warga Berakhir Damai

Dikatakan Rifi,sementara sampai sejauh ini belum ada korban warga sekitar yang diterkam buaya dan Babinkamtibmas Kelurahan Batu IX Polsek Tanjungpinang Timur telah melakukan himbauan kepada warga sekitar seperti dengan cara door to door.

Menurut Rifi,himbauan ini bersifat statis dan ada 4 titik rawan yang sudah terpasang spanduk peringatan himbauan.

“Semoga dengan telah terpasangnya spanduk himbauan peringatan ini masyarakat kota Tanjungpinang khususnya warga disekitar Sungai Tauca dapat mengetahui terkait adanya buaya,” jelasnya.

Sementara Danramil 01/Kota Tanjungpinang Kapten Herwansyah putra juga turut menghimbau warga setempat

“Kepada masyarakat Kota Tanjungpinang terkhusus warga sekitar agar tidak menggunakan sungai ini untuk tempat bermain agar tidak diterkam buaya. Dengan telah terpasangnya spanduk himbauan peringatan ini semoga tidak ada warga yang menjadi korban akibat diterkam buaya, “katanya

BACA JUGA  Pick Up Vs Motor, 1 Orang Tewas di TKP

Ditambahkan Danramil, Babinsa Koramil 01 Tanjungpinang dan Babinkamtibmas Polsek Tanjungpinang Timur serta dari Polisi kehutanan telah secara rutin menghimbau kepada seluruh warga yang bertempat tinggal di sepanjang Sungai Tauca ini.

Kemudian, perwakilan Balai Besar KSDA Riau Seksi Konservasi Wilayah II Batam, Kementerian LH dan Kehutanan diwakili Polhut Penyelia Aprianto Kurniawan, SAP mengatakan, sepanjang Sungai Tauca memang sekilas sangat berbeda dan sangat berdekatan dengan pemukiman warga dengan adanya spanduk himbauan peringatan ini terhindar adanya warga yang diterkam buaya.

“Kami akan menghitung jumlah buaya terkait populasi yang ada di Sungai Tauca ini dan akan diupayakan pemindahan buaya relokasi ketempat habitatnya dikarenakan buaya termasuk salah satu hewan yang dilindungi, ” ungkapnya

Menurut Aprianto, perlu diketahui bersama titik – titik rawan sungai yang ada di kota Tanjungpinang ini terdapat dua titik diantaranya Sungai Tauca dan Sungai Tanjung Unggat.

BACA JUGA  Tak Tertib Berlalulintas, Truk Batubara Acap Terlibat Kecelakaan

“Ini bukan hanya tanggung jawab dari polisi kehutanan namun seluruh stakeholder yang ada di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur khususnya, ” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Rifi Hamdani Sitohang, Danramil 01/Kota Tanjungpinang Kapten Inf. Herwansyahputra, Camat Tanjungpinang Timur H. Saparilis, perwakilan Balai Besar KSDA Riau Seksi Konservasi Wilayah II Batam, Kementerian LH dan Kehutanan diwakili Polhut Penyelia Aprianto Kurniawan, Kanit Reskrim Ipda Apriadi, Kanit Binmas Ipda Sujasmin, Kanit Propam Ipda Idrus Luhut Sagala, Ketua RT 03 RW. 9 Syarip, Ketua RW 12 Raynold Selayar dan awak media. (m.holul)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *