Ini Sejarah Nama Kampung Dompak Tanjungpinang

IMG-20240409-WA0076

Tanjungpinang, TRIBRATA TV

Salah satu kampung di Tanjungpinang adalah Kampung Dompak. Kampung ini memiliki banyak cerita dan sejarah penamaannya.

IMG-20240227-124711

Menurut Ali (72) salah satu warga Dompak, Tanjungpinang, sebelum kemerdekaan, dimasa masa Kerajaan Riau Lingga, Kampung Dompak Lama adalah tempat persembunyian para perompak.

Para perompak ini berasal dari sejumlah etnis, yakni Tionghoa, Bugis, Melayu, Thailand dan ada juga yang Jawa. Ketua perompak ini adalah etnis Tionghoa.

BACA JUGA  Dirresnarkoba Polda Sumsel Tutup Turnamen Futsal Kapolda Cup

Menurut kata Ali,saat itu pimpinan perompak yang menyediakan peralatan dalam merompak. Wilayah perompakan mereka di perairan Selat Malaka, termasuk beraksi merampok di daerah kini masuk wilayah Malaysia, Singapura dan Bintan.

“Setiap selesai merampok, mereka beristirahat disebuah kampung. Kampung itu belum punya nama, namun sudah bermukim sejumlah orang Tionghoa (Cina). Kampung yang jadi lokasi tempat peristirahatan dan persembunyian itu diberi nama Kampung Lompak oleh orang Tionghoa,” katanya, Rabu (18/10/2023).

BACA JUGA  KSOP Tanjung Wangi Bangun Sinergitas Awasi Kapal

Menurutnya nama itu mengandung pengertian kampung para perompak. Namun, aktivitas mereka ditempat ini tak bisa bertahan lama karena ditentang pihak Kerajaan Riau Lingga dan mereka dibasmi.

“Setelah itu, oleh orang Melayu yang bermukim di sana, nama Kampung Lompak diubah jadi Kampung Dompak,” tutup Ali (m.holul)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *