Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Damkar Sitaro Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Kampung Lehi

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) berhasil memadamkan kebakaran lahan kosong tempat membuang sampah sebagian masyarakat Kampung Lehi Kecamatan Siau Barat, Jumat (13/10/2023) malam.

IMG-20240227-124711

Mendapatkan informasi dari masyarakat, Tim Damkar Kabupaten Sitaro langsung meluncur ke lokasi dengan mengerahkan 2 unit mobil pemadam. Dibantu dengan Kepolisian Resor Kepulauan Sitaro serta masyarakat setempat dengan sigap bergerak memadamkan api menggunakan peralatan yang tersedia untuk mencegah kemungkinan meluasnya kebakaran.

Disekitar lokasi terdapat banyak sampah kering sehingga api cepat membesar dan membakar pepohonan disekitarnya.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, dalam waktu singkat, api merambat dengan cepat, membakar lahan kosong tersebut. Hal ini terjadi karena saat ini cuaca sedang mengalami musim kemarau panjang yang ditambah dengan tiupan angin kencang.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulamdang Biaro terus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pemerintah juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Djon Ponto Janis mengapresiasi respon cepat dari Pemerintah Daerah bersama Kepolisian Resor Kepulauan Sitaro yang tanggap dengan adanya kebakaran ini.

“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah lewat BPBD juga dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran dengan gerakan capat membawa 2 unit mobil pemadam kebakaran, juga kepada Bapak Kapolres Sitaro yang cepat juga menurunkan personil untuk memadamkan kebakaran serta semua pihak terkait, “kata Ketua DPRD.

“Melihat kondisi alam saat ini yakni kemarau yang panjang kiranya masyarakat juga dapat waspada selalu waspada dengan kebakaran, diingatkan kepada kita semua agar jangan sembarang membakar lahan atau membuang puntung Rokok sembarangan karena akan cepat mengakibatkan potensi kebakaran, “sambungnya lagi.

Kehadiran tim Damkar Kabupaten Sitaro turut memberikan kontribusi yang signifikan dalam memastikan situasi dapat segera terkendali dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Terima kasih kepada tim Damkar yang turut serta dalam penanganan kejadian ini.

Dengan kerja keras dan koordinasi yang baik, kebakaran yang mengancam lahan kosong di Kampung Lehi tersebut berhasil dipadamkan dalam waktu relatif singkat, mencegah kerugian yang lebih besar bagi masyarakat setempat. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *