Warga Bantah Isu Air Panas Sipoholon Mati dan Tutup Pasca Gempa Taput

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Terkait berita yang menyatakan titik spot air panas di Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), mati total dan tutup yang beredar di media sosial beberapa saat pasca gempa, Sabtu (01/10/2022), hal tersebut dibantah sejumlah pemilik usaha pemandian Air Panas Sipoholon.

IMG-20240227-124711

Sardion Situmeang, pemilik usaha air panas Unedo pada Minggu (02/10/2022) ketika dikonfirmasi TRIBRATA TV mengatakan isu penutupan itu tidak benar. “Informasi tersebut tidak benar dan hoax yang sengaja dilempar ke publik oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menimbulkan kegaduhan,” katanya.

BACA JUGA  Vaksinasi Polres Labuhanbatu Diikuti Jurnalis dan Masyarakat

Menurutnya, memang pasca gempa beberapa jam ada berkurang volume debit air panas yang keluar. “Namun bukan padam total, hanya berkurang sedikit. Setelah dilakukan pengorekan dan perbaikan di saluran dan di sejumlah titik volume air panas kembali normal mengaliri bak-bak mandi serta kolam renang air panas,” tambahnya.

Selain itu, menurutnya sampai saat ini lokasi-lokasi pemandian air panas di Sipoholon tetap buka seperti biasa dan tidak tutup. Tetapi untuk mengindari kemungkinan terjadinya gempa susulan seperti yang disampaikan pihak BMKG, maka para pemilik usaha sebagaian mengurangi aktifitas usahanya dan sebagaian tidur di luar.

BACA JUGA  Ganti Rugi Tak Layak, 31 Warga Sampali Gugat PTPN II

Terkait dengan adanya informasi yang beredar, hal tersebut menurut Sardion lumrah saja muncul di era kemajuan dan kecepatan informasi saat ini melalui medsos atau platfrom media lainnya.

Tapi sebaiknya informasi tersebut harus bisa dipertanggung jawabkan atas kebenarannya.

Sementara itu dari pantauan di lapangan pada Minggu pagi (02/10/2022) aktifitas di sejumlah tempat pemandian air panas Sipoholon terlihat berjalan seperti biasa. Sejumlah titik spot air panas terlihat masih menyembur keluar dari perut bumi dan mengalir hingga ke bak-bak pemandian dan kolam pemandian.

BACA JUGA  Jumat Barokah, PAC PP Medan Area Berbagi Sembako

Para pengunjung pun tetap ramai seperti biasa. Selain itu juga terdapat sejumlah titik spot air panas yang dulunya tidak aktif namun pasca gempa kemarin kembali mengeluarkan air panas seperti di Peanariburan dan sejumlah lokasi lainnya. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *