Tingkatkan Kebersihan, Kabupaten Sanggau Serius Tangani Sampah

IMG-20240409-WA0076

Sanggau, TRIBRATA TV

Dalam upaya meningkat keindahan dan kebersihan kota Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat telah dilakukan sejumlah langkah penanganan sampah.

IMG-20240227-124711

Hal ini dikatakan Sekretaris kecamatan (Sekcam) Tayan Hilir
A.Surgama Sahar pada Jumat (27/8/2021) pekan lalu.

Menurutnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau sudah mensosialisasikan waktu pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) maupun kontainer.

“Pengaturan waktu atau jam buang sampah ini berdasarkan Surat Edaran Bupati Sanggau Nomor: 660.1/2141/DLH-PSLB3 tentang imbauan menjaga kebersihan dan keindahan,” ujarnya.

BACA JUGA  Ketua Dekranasda Siantar Hadiri Rakernas Dekranas

Disebutkannya, waktu buang sampah dalam surat edaran tersebut dimulai pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB. Sedangkan dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB dilarang membuang sampah ke TPS maupun kontainer.

Menindaklanjuti himbauan tersebut pihak kecamatan menginformasikan hal tersebut ke desa-desa.

Di kota kecamatan Tayan Hilir yang semula pengantaran sampah dari kota kecamatan ke Simpang Ampar yang semula 2 kali dalam seminggu akan ditingkatkan menjadi 3 kali dalam seminggu. Terhitung mulai tanggal 1 September 2021.

BACA JUGA  Pererat Silaturahmi, PJS Gorontalo Gelar Bukber

Disebutkan ada lima titik bak sampah (kontainer) yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kontainer 1 di ujung Alfamart kiri arah Pontianak, depan Indomaret, samping SPBU arah ke Sanggau, samping Rumah Makan Uju arah ke Sanggau, pas di simpang Ampar juga telah disiapkan kontainer.

“Dari kelima titik kontainer sampah tersebut maka akan dijadikan dua titik yaitu, di samping Rumah Makan Tiga Putri pas di simpang Ampar pas di tempat itu titik induknya,” jelas Sugara.

BACA JUGA  Kapolres Simuelue: Harga Minyak Goreng Tidam Boleh Diatas HET

Sebagai upaya untuk meningkatkan keindahan dan kebersihan kota kecamatan Tayan Hilir maka pihak kecamatan berkoordinasi dengan Dinas KLHK, dinas yang menangani tata ruang, pertanahan serta BPKAD terutama yang membidangi masalah aset Daerah.

Sementara Kades Cemoedak Gregorius Kilung dab Ketua BPD, Muliadi saat dikonfirmasi juga sangat mendukung program penanganan sampah.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang di sekitar simpang Ampar untuk menjaga kebersihan lingkungan kita bersama,” harap Gregorius. (Rinto)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *