Menaker Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Untuk Mendukung 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di Parapat

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldy didampingi Kadis Tenaga Kerja, Riando P Purba, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menghadiri pembukaan (Kick Off) Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022.

IMG-20240227-124711

Secara resmi Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 tersebut dilakukan oleh Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (20/8/2022).

Program pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 ini untuk mendukung 5 Destinasi Wisata Super Prioritas (DWSP), yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker), Ida Fauziyah dalam sambutannya menegaskan pengembangan 5 DWSP merupakan salah satu program unggulan pemerintah pada sektor pariwisata. Adapun salah satu bagian penting dari pengembangan 5 DWSP, yaitu penyiapan SDM pariwisata.

BACA JUGA  Kusuma Salurkan 1.775 Paket Bantuan Sosial

“Penyiapan SDM pariwisata ini sebagai unsur terpenting dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa layanan yang mumpuni,” ucap Menaker.

Menaker pun berpesan 3 hal agar kualitas SDM Pariwisata semakin meningkat, yaitu tata cara pelayanan yang berkaitan dengan bervariasinya kegiatan pariwisata, penggunaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam bidang pelayanan, dan pengembangan sikap, perilaku, sopan santun, dan sebagainya.

Diungkapkannya, selain untuk meningkatkan kualitas, skill dan kompotensi, program pemagangan ini juga dinilai sangat efektif untuk mengurai ketidak sesuaian antara pendidikan dan pasar kerja.

Lebih lanjut Menaker mengemukakan, pada tahun 2022, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah melaksanakan program pemagangan yang difokuskan di 5 DWSP sebanyak 500 orang yang dilaksanakan di 62 perusahaan.

BACA JUGA  Erick Tohir Jadi Tukang Bakso, Presiden Jokowi: Korupsi Itu Tidak Boleh, Sekecil Apa Pun

“Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Kementerian Ketenagakerjaan dalam peningkatan kualitas SDM pariwisata,” ucapnya.

Menurut Menaker, sejak program pemagangan ini dimulai, sejak 2017 hingga 2021, sebanyak 15.400 pemagang telah selesai menjalankan proses magang.

“Sesuai hasil survey, 53 persen diantaranya diterima bekerja di perusahaan, 30 persen menjadi wirausahawan dan sisanya melanjutkan pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Menaker yang senantiasa mengupayakan agar tenaga kerja Indonesia memiliki kompetensi. Pasalnya, untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 harus ditopang oleh SDM yang mumpuni dan berdaya saing tinggi.

“Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan dalam menyiapkan tenaga kerja muda melalui pelatihan vokasi dan pemagangan yang ditandai dengan pelaksanaan Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022, khususnya Pemagangan di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas,” kata Menko Maritim, melalui virtual zoom.

BACA JUGA  Pendirian UNTARA dan Perubahan IAKN menjadi UKN

Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 itu ditandai dengan dengan penyerahan sertifikat kompetensi kepada 5 perwakilan peserta, pemukulan gondang dan acara sosial lainnya.

Tampak hadir dikesempatan itu Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Bina Lavotas) Kemnaker Budi Hartawan, serta Ketua Persatuan Hotel dan Restouran Indonesia (PHRI) Simalungun Robert Pardede, Komisaris Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Parlindungan Purba dan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan. (ronaldo nainggolan)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *