Tutup Harungguan Bolon LPA Simalungun, Bupati: Jangan Jadi Alat Politik

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri penutupan Harungguan Bolon Lembaga Pemangku Adat (LPA) Simalungun, di Siantar Hotel Pematang Siantar, Sabtu (13/8/2022).

IMG-20240227-124711

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan selamat dan sukses kepada ketua terpilih Jon Togu Damanik. Diharapkan
kehadiran lembaga ini dapat menjadi lembaga yang benar-benar bekerja untuk melestarikan dan menjaga adat serta budaya Simalungun.

“Lembaga ini harus menjadi kepentingan banyak orang khususnya orang Simalungun, bukan menjadi kepentingan pribadi. Dan saya tegaskan, saya tidak akan menjadikan lembaga ini menjadi alat politik saya,”ucap Bupati.

Disamping itu, Bupati juga berharap agar lembaga ini dapat menjadi mitra kerja yang selalu memberikan saran dan kritik yang konstruktif kepada pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

BACA JUGA  Maruli Siahaan dan Bravo 5 Bantu Korban Kebakaran di Pajak Meranti Medan

“Bagaimana lembaga ini ikut serta juga dalam pembangunan di Simalungun, karena yang kita tahu Simalungun memiliki infrastruktur yang sangat memprihatinkan,”kata Bupati.

“Kita merupakan bangsa yang hebat dan bisa diajak bekerja sama (marharoan bolon) atau gotong royong, terbukti di seratus hari kepemimpinan kami, kita mendapatkan rekor MuRI dengan swadaya kelola masyarakat dalam perbaikan jalan sepanjang 315 kilometer walaupun hanya sekedar layak jalan,”tambahnya.

Ia juga sangat mengapresiasi atas terbentuknya LPA ini, dengan menyatukan semua tokoh ahli waris Harajaon Nagur, Siantar, Tanah Jawa, Dolok Silau, Raya, Purba, Panei dan Silimahuta.

BACA JUGA  Ketua DPC F.SPTI-K.SPSI Samosir Apresiasi Pembagian Masker Oleh Polres Samosir

“Banyak proses panjang dilakukan agar lembaga ini terbentuk, dengan cita cita mempersatukan bangsa Simalungun dan menjaga serta melestarikan adat budaya Simalungun,”kata Bupati.

Ia meminta LPA agar bekerjasama dengan Pemkab Simalungun melakukan pembinaan kepada masyarakat agar adat dan budaya Simalungun tetap lestari di tengah-tengah masyarakat.

“Kami juga berharap kepada ketua terpilih untuk tetap merangkul semua elemen masyarakat, agar kita bisa bekerja dengan baik. Karena dalam kehidupan kita sehari-hari tidak terlepas dari tatanan adat budaya, busana, yang merupakan jati diri kita bangsa Simalungun, dan kita tetap menghargai perbedaan yang ada, karena Simalungun ini adalah miniatur dari Indonesia,”sebutnya

BACA JUGA  Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Deli Serdang Berlangsung Khidmat

Sebelumnya, Bupati Simalungun sebagai Ketua Dewan Majelis Permusyawaratan Partongah mengukuhkan Jan Togu Damanik sebagai Ketua LPA Simalungun terpilih masa bakti 2022 – 2027.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi ahli waris Harajaon Marpitu, Ketua LPA Simalungun terpilih Jan Togu Damanik, Ketua Pelaksana Harungguan Bolon LPA Simalungun Hermanto Sipayung, Ketua Dewan Adat Simalungun Japaten purba, Irjen Pol (Purn) M Wagner Damanik, H. Syahmidun Saragih melakukan penutupan dengan pukulan gong.(ronaldo nainggolan)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *