Sambut HUT RI, Camat Siau Barat Ajak Warga Pasang Umbul-umbul

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 17 Agustus 2023, Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Segenap bangsa Indonesia memiliki pemaknaan masing-masing tentang kemerdekaan.

IMG-20240227-124711

Kepala Kecamatan (Camat) Siau Barat, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Buyung Mangangue mengaku bersyukur Indonesia memproklamirkan kemerdekaan dari penjajahan lain. Dia menyebut semua ini berkat jasa para pahlawan kita.

“Tentunya kita sangat bersyukur bisa menikmati kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan kita dahulu,” ungkap Buyung.

Lebih lanjut, Buyung Mangangue menuturkan sebagai wujud kecintaan kepada bangsa dan negara untuk ikut serta merayakan HUT Kemerdekaan RI salah satunya dengan memasang bendera atau umbul umbul merah putih di halaman rumah masing-masing. Pemasangan bendera ini dimaksudkan untuk menyemarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 pada 17 Agustus mendatang.

BACA JUGA  Aparat Diminta Aktif Bubarkan Sabung Ayam

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kecintaan warga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Warga yang memiliki kecintaan kepada NKRI wajib memasang bendera merah putih sebagai tanda penghormatan kepada jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan di masa lalu. Imbauan telah disebarluaskan kepada seluruh perangkat kelurahan, kampung sekecamatan Siau Barat untuk bersama – sama memasang bendera Merah Putih dan umbul – umbul,” tandasnya.

BACA JUGA  Karyawan PT ARP Sei Balai Batubara Harus Bersih dari Narkoba

Terkait dengan lokasi pelaksanaan Upacara HUT RI ke 78 yang bertempat di Lapangan Batahi Ondong, Kecamatan Siau Barat, alumni Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi ini telah mengarahkan pemerintah dan masyarakat yang ada di 3 kelurahan dan kampung untuk memasangan umbul-umbul serta melakukan pembersihan lapangan yang akan dijadikan pelaksanaan upacara.

Camat memberikan apresiasi kepada pemerintah serta warga masyarakat yang antusias melakukan kerja bakti bergotong-royong di sekitar Lapangan Batahi Ondong.

“Apresiasi untuk masyarakat maupun pemerintah kelurahan/kampung yang bisa bekerja sama memperingati HUT RI Ke 78 tahun. Saya berharap masyarakat mempunyai rasa untuk menghormati setiap jasa para pahlawan, sehingga kita sekarang tinggal mengisi saja Kemerdekaan lewat merayakan Semarak Kemerdekaan RI tersebut, “tukasnya.

BACA JUGA  Hari Selasa, Puncak Arus Mudik di Terminal Gambut Barakat Banjar

Terkait dengan Makalehi yang merupakan wilayah Kepulauan termasuk kepulauan terluar di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Camat menyampaikan untuk kegiatan upacara memperingati Kemerdekaan khusus wilayah kampung Kepulauan Makalehi akan dipisahkan tersendiri.

“Untuk Makalehi yang merupakan adalah Kampung di wilayah kepulauan akan dibuat upacara sendiri, “ujarnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *