Sekda Sitaro Buka Rakor Pencegahan Kekerasan pada Perempuan dan Anak

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) membuka Rapat Koordinasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, bertempat di Kantor Hubungan Antar Lembaga Manado, Sabtu (22/07/2023).

IMG-20240227-124711

Sekretaris Daerah Denny D. Kondoj dalam sambutannya menyampaikan rapat koordinasi ini merupakan wujud nyata komitmen dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak serta memberikan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi mereka.

Kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah persoalan sensitif yang sangat serius sehingga harus segera diatasi bersama sebagai suatu komunitas yang peduli dan beradab.

“Sebagai pihak yang terlibat dalam pencegahan kekerasan, kita perlu bersatu padu dan saling mendukung dalam menghadapi tantangan ini. Mari terus kita tingkatkan sinergi antar berbagai instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, sektor swasta dan komunitas lokal untuk mencapai hasil yang berarti dalam upaya melindungi perempuan dan anak-anak dari segala bentuk kekerasan, “ujarnya.

Dalam pelaksanaan program pencegahan kekerasan ini, pihaknya mengajak untuk fokus pada beberapa hal penting, yaitu program guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak-hak perempuan dan anak, serta pentingnya melindungi mereka dari kekerasan dan eksploitasi, tingkatkan ketersediaan layanan medis, konseling, dan rehabilitasi bagi korban kekerasan, sehingga mereka dapat pulih secara fisik dan psikologis serta perkuat kerjasama antara kepolisian, instansi hukum, dan lembaga sosial dalam penanganan kasus-kasus kekerasan agar dapat menghadirkan keadilan bagi para korban.

“Selain itu, peran keluarga juga sangat krusial dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Mari dorong keluarga untuk menjadi pelindung pertama dan lingkungan yang aman bagi anggota keluarganya, pendidikan tentang kesetaraan gender dan penghargaan terhadap hak-hak perempuan dan anak sebaiknya dimulai dari lingkungan keluarga, “tuturnya.

Sekretaris Daerah mengajak seluruh peserta rapat koordinasi untuk berdiskusi dengan terbuka, berbagi ide, pengalaman, serta memberikan masukan yang konstruktif.

“Mari bersama – sama kita mengevaluasi sejauh mana tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di daerah kita, sehingga kemudian dapat kita rumuskan bersama langkah- langkah bahkan solusi yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, saya pun berharap di setiap kita bertemu melaksanakan rapat koordinasi ini ada progress bahkan hasil yang telah kita capai agar rapat ini benar-benar menghasilkan tindakan dan kontribusi nyata kita sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, “tandasnya.

Menyadari dengan kerjasama dan tekad yang kuat, kita dapat menciptakan perubahan nyata untuk masa depan yang lebih aman dan bermanfaat bagi perempuan dan anak-anak di Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

“Tak lupa saya ucapkan dan memberikan apresiasi kepada kita sekalian yang senantiasa memberi diri berbuat, bekerja dan berkarya bagi Sitaro khususnya dalam upaya mewujudkan kesejahteraan serta kemajuan perempuan dan anak-anak, “beber Kondoj.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Febiola Papona bersama jajaran, Kepala UPTD PPA Provinsi Sulut Meidy Son Derek, Kasat Binmas Polres Kepulauan Sitaro AKP Viktor Kepel, Pimpinan OPD, serta seluruh peserta rapat koordinasi. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *