Pemkab Sitaro Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri Via Zoom

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pj Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Drs. Joi E. B. Oroh bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri RI secara virtual dari Media Center Kantor Bupati, Senin (6/5/2024).

IMG-20240227-124711

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) rutin melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) untuk pengendalian inflasi daerah yang diikuti seluruh jajaran pemerintah Kabupaten/Kota dan provinsi se-Indonesia.

Rakor dipimpin langsung Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jendral Kemendagri, Tomsi Tohir di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta diikuti secara daring maupun luring oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan stakeholder terkait.

BACA JUGA  Pedagang Kota Siantar Tolak Kerusuhan Terkait Gugatan Pilpres 2019

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jendral Kemendagri, Tomsi Tohir, menegaskan perlunya peningkatan upaya perencanaan dari setiap kepala daerah dalam mengatasi masalah inflasi.

Ia menyampaikan, meskipun beberapa daerah telah melakukan langkah-langkah untuk mengendalikan inflasi, namun hasilnya belum optimal karena kurangnya perencanaan yang baik.

Selain itu, Plt. Sekjen Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir, M.Si juga menghimbau kepada Kepala Daerah apabila terjadi bencana di daerah yang mengakibatkan gangguan pasokan pangan agar segera menetapkan status darurat bencana dan dapat menghubungi Badan Pangan Nasional untuk mendapatkan bantuan pangan.

BACA JUGA  Positif Covid-19, Gubernur Gorontalo Bersama Istri Isolasi Mandiri

Usai mengikuti Rakor, Pj. Bupati, mengatakan Rakor tersebut merupakan kegiatan rutin yang selalu digelar setiap pekan Kementerian Dalam Negeri untuk memonitoring dan evaluasi di setiap daerah dalam hal mengendalikan inflasi.

“Salah satu topik yang dibahas dalam Rakor adalah harga-harga barang kebutuhan pokok, di mana harga beras premium masih stabil di kisaran 14 ribu rupiah. Upaya-upaya yang diambil, sebagaimana yang disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt), antara lain memantau pelaksanaan penanaman cabe, sayur mayur, dan upaya lainnya untuk menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi,” pungkasnya.

BACA JUGA  Ketua SMSI Kalsel Hadiri KTT Perdamaian Dunia HWPL di Korea Selatan

Rakor pengendalian inflasi ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Drs. Denny D. Kondoj, Kepala Bagian Ekonomi Sumarni Mandak, serta beberapa kepala OPD Lingkungan Pemkab Sitaro.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000