Pansus DPRD Sitaro Gelar RDP Ranperda PDRD

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Panitia Khusus (Pansus) DPRD melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang bertempat di Ruang Rapat DPRD, Selasa (18/07/2023).

IMG-20240227-124711

Dalam rapat tersebut dibuka dan dipimpin Ketua DPRD Djon Ponto Janis dihadiri oleh Pansus DPRD, dan beberapa OPD terkait untuk membahas Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Dalam percepatan penyusunan Ranperda DPRD tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) maka DPRD sebagai pemrakarsa Ranperda dimaksud melakukan rapat dengar pendapat dengan perangkat daerah yang mengelola pajak daerah dan retribusi daerah, “ujarnya.

Saat dihubungi media, Ketua DPRD Sitaro Djon Ponto Janis menjelaskan, pihaknya sementara dalam tahap penyelesaian ranperda. Dasar pelaksanaan penyusunan Ranperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah yakni UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Penyesuaian yang dilakukan ini telah masuk dalam program legislasi daerah untuk tahun 2023 ini,” tukasnya.

Tujuan Rapat Dengar Pendapat ini adalah penjaringan saran, pendapat dan pandangan terhadap Penyelesaian Ranperda Inisiatif DPRD tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

“Adapun maksud dan tujuan RDP ini untuk mendapatkan masukan dan perhatian dari semua pihak terkait Ranperda ini, “ujarnya.

Lebih lanjut, Bendahara DPC PDI Perjuangan ini menuturkan rapat tersebut untuk mendorong pengembangan sistem pajak yang mendukung alokasi sumber daya yang efisien.

“Juga untuk mendorong peningkatan kualitas belanja daerah dan meningkatkan harmonisasi kebijakan pendapatan pemerintah pusat dan daerah. Dengan sasaran untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat,” beber Janis.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan dari Sekretaris Daerah berkaitan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah kemudian dilanjutkan dengan ruang diskusi untuk para peserta rapat.

Turut hadir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Agus T. Poputra, Asisten Administrasi Umum Sekda Semuel E. Raule, SKPD terkait diantaranya Kepala BPKPD, Kepala Dinas PUPRKP, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindagnaker, Kepala Dinas Perhubungan, Direktur RSUD Lapangan Sawang, RSUD Tagulandang, Kepala Bagian Umum Setda, Kepala Bagian Hukum Setda. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *