Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

3 Atlit Ski Air Asal Sitaro Siap Turun Ke Pra PON

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Ratusan atlet dari 18 provinsi dipastikan ikut meramaikan Kejuaraan Nasional Pra PON XXI Ski Air, Wakeboard, Wakesurf 2023.

IMG-20240227-124711

Para atlet ski air dan Wakeboard dipersiapkan dalam menghadapi ajang Pra-PON 2023, yang berlangsung 2-9 Juli di Danau Toba Sumatera Utara.

Adapun 18 provinsi tersebut antara lain, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, NTB dan Maluku, Papua, Kepri, Kalimantan Timur dan Bali dan tuan rumah Sumatera Utara.

Dalam hal ini putra putri terbaik utusan Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Sulawesi Utara mempersiapkan para atletnya untuk berlaga pada Pra PON Juli mendatang.

Adapun atlet asal Daerah Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo tersebut diantaranya Nadya Kakunsi, Erica Kakunsi dan Alfito Ransun.

Saat dihubungi oleh media, Selasa (29/06/2023) dijelaskan oleh salah satu atlet yang akan berlaga dalam Kejurnas tersebut, Nadya Kakunsi membenarkan keikutsertaannya dalam Pra PON.

“Ya memang benar, saat ini dalam persiapan untuk Pra PON menuju ke PON, jadi dari Cabor Ski Air ada 3 orang yang diutus. Cabor Ski air sendiri ada tiga nomor yaitu Trick Riding, Slalom dan Jumping. Kalau dari saya sendiri ikut di Cabang Ski Air dan ikut di nomor Trick, Slalom dan Wakeboard, “tuturnya.

Lebih Lanjut, Nadya menyampaikan bahwa dirinya dan pra atlet sedang berlatih secara intens demi meningkatkan kemampuan dan skill yang dimiliki. Namun ada beberapa kendala yang didapati.

“Sekarang kami sering latihan terus menerus, cuma ada beberapa kendala terkait boat khusus yang lagi dimaintanance. Jadi disini untuk sementara kita memakai perahu biasa. Ski Air kan lebih cocok di Danau, namun Danau sangat jauh dijangkau, saat ini kami latihan di laut, dan kendala saat ini yah boat,” katanya.

“Ada boat baru cuma belum juga sampai, mencegah daripada tidak latihan, jadi dari pengurus yang ada boat inisiatif kami memakai boat dari pengurus selain itu juga perahu, “bebernya.

Sambung Nadya bahwa targetnya (di Pra-PON) cukup realistis, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih medali emas.

Kata Nadya, sejak masih junior, torehan medali sudah pernah diraih oleh tiga atlet ini.

“Kalau saya mulai bertanding dari umur 9-10 tahun, suda ikut Pra PON di Palembang terus lanjut Pra Pon di Kaltim, PON lagi saya ikut. Pun Kejurnas, pernah menjuarai Kejurnas Pelajar mendapat juara 3 se-nasional,  Kejurnas Open Turnamen di Manado juga mendapat juara, “tukasnya.

Sementara itu, Kakunsi menegaskan menjelang persiapan Pra PON ini, semua Cabor khususnya Ski Air mendapat dukungan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

“Gubernur Sulut sangat mendukung dan mengapresiasi dengan perkembangan olahraga Ski Air ini. Karena sebenarnya cabor ini sudah lama, dan eksis sejak lama, “ungkapnya.

Caleg milenial Partai Nasdem Kabupaten Sitaro dapil I Siau Barat Utara – Siau Barat – Siau Tengah – Siau Barat Selatan, ini juga berpesan khusus untuk anak anak muda Sitaro yang mempunyai niat dan kemauan untuk terjun ke Cabang Olahraga Ski Air.

“Kepada anak-anak muda yang memang serius mau belajar Ski Air bisa ikut berlatih kami akan fasilitasi, dan semoga bisa memanfaatkan potensi cabor ski air ini untuk mencetak prestasi, “jelasnya.

Diketahui Kabupaten Sitaro mengutus 2 orang putri daerah, Nadya Kakunsi dan Erica Kakunsi dengan pelatih Harry Kakunsi. Dari pelatih sendiri juga selalu melakukan koordinasi bersama pengurus PSAWI Sulut terkait dengan persiapan Pra PON tersebut. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *