Polda Sumsel Luncurkan Aplikasi Songket Cegah Karhutla

IMG-20240409-WA0076

Polda Sumsel Bersama TNI Resmikan Drone Squard Kalhutra

Palembang, TRIBRATA TV

IMG-20240227-124711

Kepolisian Daerah (Polda) bersama TNI dan stekhoder bakal menyosialisasi Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu (Songket).

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri S mengatakan pihaknya akan melakukan hal itu bersama dengan pihak terkait.

“Selain itu juga kita membentuk tim Drone Squard karhutla di polres-polres untuk patroli untuk mencegah kebakaran hutan maupun lahan,” ujarnya disela-sela pengukuhan Drone Squard karhutla dan pelatihan operator Songket di Wyhdam Hotel Palembang, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA  Fisik Desa Marus Jaya Tahun 2021 Mangkrak, Camat Renah Pembarab Sebut Sudah Selesai

Songket merupakan aplikasi pertama yang mengaplikasikan jarak dan rute terdekat menuju titik panas atau titik api berikut dukungan sumber daya air dan posko terdekat di Indonesia. Aplikasi Songket ini digagas oleh Pemprov Sumsel bekerja sama dengan Polda Sumsel, World Resources Institute (WRI) Indonesia, dan Forum DAS Sumsel.

Ia mengatakan aplikasi Songket didukung oleh server yang diberikan oleh WRI Indonesia kepada Pemprov Sumsel. Aplikasi ini sudah terintegrasikan dengan kamera pengintai (asap digital) bekerja sama dengan Telkom untuk dipasang pada tower BTS Telkom di Sumsel. 

BACA JUGA  Kapolres Bondowoso Bergotong Royong dan Beri Bantuan Korban Puting Beliung

Ia berharap aplikasi Songket ini akan menjadi trend center bagi daerah lain yang rawan Karhutla, sehingga Sumsel menjadi penggagas aplikasi pertama dengan teknologi terbaru di Indonesia.

“Mudah-mudahan aplikasi  ini menjadi trend center untuk provinsi lain, ini aplikasi baru satu-satunya di Indonesia. Bahkan ketika ada report dari masyarakat di lapangan si operator langsung mengetahui jarak dan rute terdekat untuk akses ini, berikut lokasi sumber air dan posko terdekat,” tukasnya. (Suherman/r)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *