Partogam Manullang Sumatera Utara Deklarasi di Bakara

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar deklarasi di Senior Bakara Hotel Baktiraja, Bakara, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) hari ini, Senin (24/4/2023).

IMG-20240227-124711

Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris Tim Formateur, Bontor Manullang dan Jerry Manullang disela-sela persiapan deklarasi berdasarkan keterangan tertulis dari Sanco Simanullang, Minggu (23/4/2023).

Diungkapkannya, sejumlah persiapan deklarasi dan pelantikan sudah rampung.

“Selamat datang para utusan dari berbagai kabupaten/kota ke tanah leluhur kita, Bakara nauli. Ayo Manullang bersatu, Manullang bangkit,” tukasnya.

Sejumlah tokoh Manullang Sumatera Utara akan hadir diantaranya, Marganti Manullang (eks Wakil Bupati Humbahas), MPR Manullang (mantan Kasat Pol PP Humbahas), Tagor Manullang (mantan Sekretaris KPUD Humbahas, Parsaoran Simanullang (pensiunan) Kabag Kesra Humbahas yang dibalut dengan pelantikan pengurus.

Ketua Tim Formateur Bontor Manullang utusan dari Pematang Siantar mengungkapkan sejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara telah menyampaikan kehadirannya seperti Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Tapanuli Selatan (Tapsel), Sibolga, Samosir, Toba, dan Kota Medan serta beberapa Kabupaten/ Kota lainnya.

BACA JUGA  Wow, Jelang Lebaran Polsek Sunggal Berbagi Pakaian Gratis

Dia mengatakan sebagai tuan rumah dari Humbahas akan meramaikan kegiatan ini yang mulai berlangsung pukul 10.00 WIB.

“Uniknya, kendati masih dalam suasana lebaran namun beberapa saudara kita yang muslim, seperti Sibolga dan Tapsel semangat akan merapat kemari,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Partogam Kota Medan Sanco Simanullang mengungkapkan sangat mendukung kekompakan dan persatuan marga Manullang dalam lingkup lebih besar, Sumatera Utara.

Kendati Partogam berbagai Kabupaten sudah terbentuk, namun belum terstruktur secara rapi dan teratur. Beberapa Kabupaten/Kota belum menyentuh akar rumput hingga sektor.

“Kita menyadari bahwa Pomparan Manullang belum optimal dibanding marga Batak yang sudah jauh melangkah lebih maju seperti Toga Sinaga, Simbolon, Nainggolan, Panjaitan dan lainnya. Kita rindu dapat mengikuti jejak marga Batak yang sudah keren,” kata Sanco Simanullang.

BACA JUGA  Video: PD Pelindo Gelar Kenaikan Sabuk

Disebutkan, dengan adanya persatuan Partogam tingkat Sumut, maka kondisi Pomparan Manullang masa lalu, kini dan kedepan dapat di potret dan diberi penguatan menjadi organisasi modern.

Diuraikan, ada beberapa hal menjadi catatan dalam kemajuan Partogam kedepan diantaranya; Pertama, kita rindu agar bargaining power Partogam di tengah pusaran marga Batak, kedepan mengalami peningkatan.

“Kedua, kita ingin terlepas dari belenggu permasalahan Partogam dalam aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan dan politik,” ujarnya.

Ketiga, juga mempersiapkan Partogam baru dalam menyambut pesta Demokrasi tahun 2024. Keempat, bagaimana agar marga Manullang lebih banyak berperan dan ikut membangun bangsa dalam kancah lokal maupun nasional.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, BPOM Toba Intensifkan Pengawasan Makanan

Seorang tokoh Manullang, Prof Dr. Marihot Manullang pada kesempatan terpisah mengungkapkan sangat merindukan kemajuan bagi pomparan Manullang.

“Kita harus bersatu. Kita mesti kompak dan kita dukung lahirnya Partogam Sumut ini,” ujar dia.

Selain itu, Luminta br Manullang yang juga pemilik Senior Bakara Hotel mewakili boru turut merasa bangga atas deklarasi Partogam Sumut tersebut.

Sebelumnya mantan Wakil Bupati Humbahas Marganti Manullang dalam rapat zoom panitia menyatakan mendukung penuh kegiatan, bahkan akan hadir dalam kegiatan ini.

Hal senada, MPR Manullang sepakat untuk mendorong berdirinya Partogam Sumut, dan mengajak agar semua menjalin kekompakan untuk menatap kemajuan pomparan dimasa mendatang.

“Tampakna do tajomna, rim ni tahi do gogona. Yang berat terasa ringan, jika semua senang dan bersemangat memberikan bantuan. Majulah Partogam Sumut,” ujarnya. (Bonni)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *