Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Pj Bupati Sitaro Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 bersama Kemendagri

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2024 melibatkan stakehokder baik pusat maupun daerah di Media Center Kantor Bupati, Senin (15/1/2024).

IMG-20240227-124711

Rakor Pengendalian Inflasi ini diikuti Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang dihadiri Pj Bupati Kepulauan Sitaro Joi E. B Oroh didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tony Poputra.

Tampak pula hadir Inspektur, Kepala BPKPD, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PUPRPKP, Kabag Perekonomian dan SDM, Kepala Perwakilan Bulog Sitaro.

Rakor dipimpin Inspektorat Jenderal Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir yang diikuti oleh para Menteri/Kepala Negara Pemerintah non Kementerian, Gubernur, Bupati Walikota se-Indonesia dan segenap undangan lainnya. 

Tomsi Tohir menyampaikan, rakor inflasi yang diselenggarakan setiap hari senin di setiap minggunya tersebut untuk mengevaluasi perkembangan inflasi di dunia, nasional hingga daerah. “Sebagai evaluasi kami. Oleh sebab itu, kami mohon penjelasannya tidak berulang dan kita fokus pada hal-hal penaikan harga dan mengantisipasi kenaikan inflasi,” ujar Tomsi Tohir.

Selanjutnya, Direktur Statistik Harga BPS RI, Dr. Windhiarso Putranto, menyampaikan mengenai tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga pada minggu ke-2 Januari 2024.

Windhiarso menyampaikan, terjadi penurunan inflasi pada bulan Januari 2024 dibandingkan dengan Desember 2023. Dimana, pada bulan Januari terdapat penurunan permintaan transportasi.

Kemudian, penyebab inflasi di bulan Januari masih dipengaruhi oleh cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, ikan segar, minyak goreng dan beberapa komoditas pangan lainnya.

“Tingkat inflasi pada bulan Januari relatif lebih rendah dibandingkan pada bulan Desember. Ada berapa faktor yang mempengaruhi, seperti beberapa komoditas yang semakin berkurang konsumsinya,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Kepulauan Sitaro Joi Oroh yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Sitaro Agus Toni Poputra saat diwawancarai Media Tribrata TV menjelaskan hal-hal penting di rakor tersebut.

“Secara garis besar di beberapa wilayah didominasi oleh naiknya harga beberapa komoditas. Misalnya telur dan daging ayam ras, minyak goreng, gula pasir bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit yang harganya cenderung fluktuatif sehingga perlu diwaspadai,” ucapnya.

Pada rakor tersebut juga dikemukakan historis perkembangan inflasi tahun 2020-2023, selalu terjadi inflasi pada bulan Januari, dan tingkat Inflasi Januari relatif lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya (Desember).

Serta inflasi Januari selalu dominan disebabkan oleh inflasi komponen harga bergejolak kecuali tahun 2022 komponen inti lebih dominan.

“Berdasarkan hal ini tentunya apa yang telah diikuti bersama terkait pengendalian inflasi daerah Ini juga menjadi salah satu benang merah dan tentunya akan kita laksanakan program- program dalam rangka pengendalian inflasi sacara berkelanjutan,” pungkasnya. (Jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *