IMG-20240501-WA0019

Mayjen TNI Karev Marpaung Kembangkan Desa Wisata Dewi Asina

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Satu lagi putra daerah Toba yang berhasil diperantauan membangun kampung halamannya. Ia adalah Mayjen TNI Karev Marpaung S.Sos, MM yang mengembangkan desa wisata Dewi Aek Sitiotio Nauli (Asina) di Desa Siantar Sitiotio Kecamatan Narumonda Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

IMG-20240227-124711

Perwira tinggi yang bertugas di Dewan Ketahanan Nasional ini membangun desa leluhurnya menjadi tempat wisata karena berada persis di pinggir Sungai Asahan yang dikenal sangat indah.

Melalui Yayasan Dewi Asina, putra Batak kelahiran Jakarta ini akan membangun pedestrian pejalan kaki dan lokasi penatapan di Bukit Parbiusan. Dengan pedestrian, akan mempermudah pengunjung untuk berjalan menikmati pinggiran sungai yang airnya bersih.

Sementara dengan dibangunnya penatapan, pengunjung akan menikmati pemandangan sungai dari perbukitan.

“Dewi Asina merupakan objek wisata tepi Sungai Asahan di wilayah Sitiotio Roruan Kecamatan Siantar Narumonda. Sudah berjalan 1 tahun ditambah adanya homestay dengan gaya ukiran rumah adat Batak tentu akan semakin menarik bagi para wisatawan domestik dan mancanegara,” ucap Karev, Sabtu (11/12/2021).

Ia mengaku walaupun lahir di Jakarta, namun ia tak lupa berbuat mengembangkan Bonapasogit. “Sedikit yang terpanggil namun berkat bagi semua orang,” tandasnya.

Sekeretaris Yayasan, Marlin Marpaung didampingi Dikson Marpaung menambahkan, Yayasan Dewi Asina sudah berjalan 1 tahun dan diresmikan Wamendes, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi A Setiadi.

“Hari ini kami survey lokasi didampingi Humas PT Inalum untuk rencana pembuatan pedestrian pejalan kaki sepanjang 6 kilometer kearah Pasir Putih Danau Toba dan Panatapan Bukit Parbiusan,” ujarnya.

Menurut Marlin, pihaknya juga telah mendatangkan Yance Wirtjes, peneliti dari USU untuk melihat tanaman apa yang cocok ditanam di pinggiran Sungai Asahan. Sebab kedepan lokasi ini juga diharapkan bisa menjadi lokasi agrobisnis.

Tokoh masyarakat Narumonda, Ukkap Marpaung sangat mendukung kehadiran desa wisata Dewi Asina.

“Bayangkan pak, kedepan (usaha wisata) akan tambah ekonomi masyarakat, menambah lowongan kerja,”tegas Ukkap.

Hal ini tentu saja akan mendukung kawasan Danau Toba yang telah dijadikan pemerintah sebagai destinasi wisata prioritas.

Pantauan TRIBRATA TV online, hadirnya desa wisata “Dewi Asina” di Desa Siantar Sitiotio menambah daftar desa wisata di Kabupaten Toba, selain Desa Tarabunga dan desa lainnya dari jumlah 231 desa se Kabupaten Toba.(Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Respon (1)

  1. Mantap, martabe, sukses utk angginami Mayjen. TNI Karev Marpaung dan Diana br Silitonga, Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *