Meriahkan HUT Ke-73, Ditpolairud Polda Kalbar Gelar Aksi Bersih Sungai Kapuas

Pontianak, TRIBRATA TV

Memeriahkan HUT ke-73 Polairud, Direktorat Polairud Polda Kalbar, menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik di Sungai Kapuas pada Selasa (21/11/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Tampak hadir Direktur Polairud Polda Kalimantan Barat Kombes Pol Raspani yang memimpin dan diikuti sejumlah dinas terkait seperti PUPR, DLH, Lantamal XII, KSOP, SAR Pontianak serta masyarakat sekitar.

Sampah yang terkumpul berupa plastik dan sampah rumah tangga sebanyak 5 ton.

Dalam amanatnya Raspani menghimbau agar masyarakat sama sama menjaga kebersihan Sungai Kapuas dengan tidak sembarangan membuang sampah plastik dan sampah rumah tangga.

“Kita harus peduli untuk menjaga kebersihan Sungai Kapuas”, ujarnya.

Sementara itu AKP Aam Kudussalam, selaku Ketua aksi bersih bersih sampah mengatakan ada juga dari LSM yang hadir yakni dari LSM kebersihan cinta Sungai Kapuas yang berjumlah kurang lebih 10 orang.

“Dari hasil bersih-bersih sampah Sungai Kapuas ini dapat menjaring sampah kurang lebih dua truk,” papar Aam.

Sarana yang digunakan antara lain empat perahu karet, dua speed boat dan 10 sampan.

“Kemudian dari Basarnas ada beberapa speed, dari Polri kapal, semoga dengan pelaksanaan ini ke depan bisa memberikan sedikit manfaat,” tambahnya.

Aam berpesan dan menghimbau kepada Masyarakat pinggir sungai maupun kapal-kapal yang berlayar di Sungai Kapuas agar tidak membuang sampah organik maupun anorganik sembarangan.

“Bila sudah sampai di darat segera disimpan di tempat sampah yang sudah tersedia di dermaga atau di darat “, pintanya.

“Ibu-ibu diharapkan jangan membuang barang rumah tangga seperti bekas popok bayi di Sungai Kapuas. Sebab hasil bersih bersih banyak ditemukan sampah plastik maupun bekas popok bayi” , ungkapnya. (Syarif Mohsin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *