IMG-20240501-WA0019

Kuatkan Dalihan Na Tolu, Partogi Kabupaten Dairi Segera Dilantik

IMG-20240409-WA0076

Dairi, TRIBRATA TV

Parsadaan Toga Sihombing Boru Bere (Partogi) telah berdiri di Kabupaten Dairi yang terdiri dari 15 Kecamatan, 8 kelurahan, dan 161 Desa.

IMG-20240227-124711

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Partogi Sumut Parlin Hutasoit didampingi Bendahara Alamsyah Sihombing saat pertemuan Partogi se Kecamatan Sidikalang pada Kamis (16/11/2023) sore.

Dalam rapat persiapan pelantikan Pengurus Partogi se Kabupaten Dairi yang akan digelar akhir bulan ini, Parlin Hutasoit mengatakan pembentukan Partogi ini diprakarsai Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

“Tujuannya adalah untuk mempererat hubungan keluarga besar Partogi yang berdomisili di seluruh Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara. Komunitas Partogi ini yang terdiri dari marga Silaban, Lumbantoruan, Nababan,Hutasoit nantinya akan bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan, pendidikan serta bidang lainnya,” ujarnya.

Badan struktur Partogi yang telah terbentuk tersebut tergabung dari 15 kecamatan se-Kabupaten Dairi yang didalamnya berkumpul tokoh-tokoh Partogi untuk menyatukan visi membentuk wadah yang tangguh dan kokoh dimasa yang akan datang.

Selain itu menurut Penasehat Partogi Dairi, Danjor Nababan, kehadiran Partogi sebagai wadah pomparan Toga Sihombing diharapkan agar saling peduli, saling mengasihi dan beradab. Selain itu salah satu tujuannya untuk menguatkan filosofis orang Batak yaitu, Dalihan Na Tolu, agar tak pernah hilang.

“Kalau kita dalami Dalihan Na Tolu, kita makin kuat. Jika kita kuat, maka tidak ada orang yang bisa memecah-belah suku Batak,” kata Toga Sihombing sambil menambahkan, harus bersatu karena dengan persatuan bisa lebih kuat.

“Dengan dukungan segenap pengurus, apa yang diamanatkan dalam perkumpulan ini dapat terwujud. Mari saling koreksi jika ada yang berseberangan atau beda pendapat. Karena dengan koreksi, bisa menguatkan demokrasi. Harapan kami, kiranya, Partogi se-Kabupaten Dairi lebih maju ke depan,” ujar Danjor.(Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *