IMG-20240501-WA0019

Partogam Kota Medan Gelar Musyawarah Cabang

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Visi dan misi yang akan dikerjakan pengurus baru Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kota Medan periode 2024-2028 adalah menciptakan kedamaian ditengah-tengah keluarga besar Simanullang di Kota Medan. Disamping itu, juga meningkatkan kegiatan sosial suka duka sebagai ciri khas organisasi perkumpulan marga.

IMG-20240227-124711

“Jangan kritik yang tidak sehat disampaikan kepada kami, tetapi berikanlah kritik yang membangun bagaimana supaya ke depan Simanullang ini semakin maju dan bisa terpandang, karena cukup banyak potensi kita,” kata Ketua terpilih Partogam Kota Medan Marangkup Manullang, S.H, didampingi Sekretaris Jerry Edhy Manullang, S.E, dan Bendahara Nelly br Manullang usai menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Partogam Kota Medan di Hotel TD. Pardede Jalan H. Juanda No.14, Kecamatan Medan Polonia, Sabtu (20/1/2024).

Dia berharap kepada pengurus BPH sektor-sektor supaya ke depan agar lebih aktif dan dapat menghadiri setiap ada kegiatan pesta baik dalam suka maupun duka ditengah keluarga besar Partogam Kota Medan.

Kegiatan Muscab yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB tersebut, diawali dengan kegiatan ibadah dipimpin oleh Pdt Mangala Manullang, A.Md, S.T, dilanjutkan dengan upacara nasional menyanyikan lagu indonesia raya, mengheningkan cipta serta kata sambutan dari Ketua Panitia, penasehat maupun undangan.

Pantauan TRIBRATA TV, kegiatan Muncab tersebut berjalan lancar dan demokratis dengan penuh rasa kekeluargaan. BPH Partogam meminta supaya pengurus baru lebih kritis, supaya organisasi lebih profesional agar ke depan lebih baik dan berkembang. Lantaran, SDM Simanullang harus lebih dikembangkan dan ditingkatkan supaya lebih baik lagi.

“Perlu menumbuhkan ‘Sense of belonging’ kita dalam wadah pomparan ini. Semboyan ‘Au Do Ho, Ho Do Au dang Adong Mangalo Dosni Roha’ masih sangat jauh dari yang diharapkan. Marilah kita merenung atas kondisi ini,” kata Ketua Panitia Jerry Edhy Manullang, S.E yang juga Caleg DPRD Kota Medan Dapil 5 No. 1 yang diusung Partai PSI itu.

Dalam laporan pertanggungjawaban BPH Partogam Medan periode 2020-2024 yang dibacakan Josmar Manullang menyampaikan, banyak hal positif yang telah dilakukan pengurus lama demi kemajuan Partogam Medan. Meskipun banyak program kerja yang tidak berjalan dengan baik, karena situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sehingga berdampak terhadap ekonomi masyarakat.

“Kegiatan partangiangan di sektor-sektor juga terpaksa berhenti total karena lock down saat itu, begitupun kepengurusan ini masih saja bisa mencuri-curi waktu membuat beberapa kegiatan sosial,” ucap Josmar Manullang.

Sementara, Dewan penasehat Partogam Medan, Drs. Marganti Manullang yang juga mantan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) berharap agar jangan lagi mengusik-usik tarambo atau silsilah.

“Ingot tarombona be (Ingat silsilah masing-masing). Sahabat atau teman harus bisa diberdayakan dan jangan anggap enteng,” ungkap Marganti.

Dia menyoroti kondisi keuangan organisasi Partogam agar lebih kuat, dan tidak malas menghadiri kegiatan pesta untuk bermasyarakat.

Ketua Sirajaoloan Sumatera Utara Sanggam SH Bakkara yang turut hadir menyampaikan selamat dan sukses serta apresiasi digelarnya Muscab yang berjalan sukses.

Dia merasa bangga terhadap Partogam Kota Medan telah mampu menggelar kegiatan hingga memperoleh pengurus baru yang dipilih secara demokratis.

“Saya sebenarnya sangat bangga kepada Simanullang, sudah kalah marga Bakkara,” pungkasnya.

Ketua Umum Partogam Sumut Dr. Ir. Sanco Simanullang, S.T., M.T., IPM, ASEAN Eng, didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bontor Simanullang pada Penutupan Muscab Partogam Medan menyampaikan selamat dan sukses kepada Pengurus Partogam Kota Medan yang terpilih secara demokratis.

“Boto lungun (Kenali diri, ingat penderitaan),” ujarnya.

“Kenapa boto lungun?, karena kita jauh tertinggal dengan marga marga Batak lainnya. Ayo bersatu, Kota Medan salah satu barometer kekompakan Pomparan Manullang,” katanya.

Sanco mengajak Pengurus baru untuk bersama sama mensukseskan Visi Misi Partogam yaitu Mewujudkan tingkat kesejahteraan Keturunan Marga
Simanullang (Anak Boru Bere Ibebere) yang lebih baik
melalui kualitas manusia yang lebih tinggi, peningkatan
ekonomi, dan semua bidang menjadi marga terbaik dari
kekuatan marga Batak dan Indonesia.

Lantas, Sanco menjelaskan Misi Partogam Sumut ada tiga, antara lain:
(1) Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
(2) Mendorong Pembangunan Ekonomi Warga Partogam Secara Berkelanjutan,
(3) Pemantapan Tata Kelola dan Ketahanan Organisasi.

Sanco menyebut pembentukan Partogam adalah untuk mempersatukan segenap potensi untuk meningkatkan kesejahteraan Pomparan (keturunan).

“Ayo, kita mampu. Jangan lagi berkutat pada sesuatu yang kurang produktif. Pasti kita bisa,” katanya.

Dia mengakhiri sambutan dengan menyampaikan umpasa Batak yang artinya semangat persatuan dan kesatuan.

Diawal pembukaan Muscab, Sekjen Partogam Sumut Bontor Simanullang menyampaikan kata sambutannya. Dia mengatakan selamat dan sukses digelarnya Muscab Partogam Kota Medan tahun 2024.

Disebutkan, Partogam Kota Medan merupakan barometer Simanullang di Provinsi Sumatera Utara, selain dari Partogam Humbahas dan Partogam Dairi serta daerah lain.

“Kalau Partogam Medan kuat kami yakin Sumatera Utara otomatis kuat. Di Humbahas puji Tuhan sudah luar biasa yang telah terbentuk hingga ke desa. Kami mengajak supaya saling menopang dan menguatkan satu sama lain,” tukas Bontor.

Komisioner KPID Sumut Dr, Ev Ramses Simanullang yang hadir pada acara Muscab itu menyampaikan apresiasi kepada Partogam Kota Medan dan sektor-sektornya sukses menggelar kegiatan yang berhasil memilih pengurus baru secara demokratis dan terbuka.

Ramses mengusulkan agar dibentuk Generasi Muda (Gema) Partogam Medan untuk menggali potensi maupun SDM generasi muda Simanullang Kota Medan. Hal itu perlu untuk menumbuh kembangkan masa depan pemuda.

“Saya memberi saran dan masukan sekaligus menitipkan program kerja pada BPH Partogam yang baru terpilih untuk melakukan konsolidasi internal dengan blusukan ke sektor sektor Partogam dan secepat nungkin membentuk Generasi Muda Partogam Kota Medan,” tukasnya. (Bonni)

IMG-20240310-WA0073