IMG-20240501-WA0019

Sahabat Wong Cilik, Rosen Jaya Sinaga, Caleg dari Dapil V Kota Medan

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Nama Rosen Jaya Sinaga, seorang pria berdarah Batak ini cukup dikenal oleh kalangan buruh. Karena sejak 2008 dia berkiprah menjadi seorang aktivis yang ikut dalam pergerakan memperjuangkan hak-hak buruh di Sumatera Utara.

IMG-20240227-124711

Saat ini Rosen Jaya Sinaga diamanahkan sebagai Ketua Umum Serikat Buruh Sosial Demokrat (SBSD) Sumatera Utara.

Pada 4 Nopember 2023 lalu, nama Rosen Jaya Sinaga resmi menjadi calon legislatif (caleg) di DPRD Kota Medan, setelah KPU Kota Medan mengeluarkan Daftar Calon Tetap (DCT).

Rosen maju di pileg 2024 ini dari Partai Buruh dengan nomor urut 2 dari dapil 5, yang terdiri dari Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Polonia dan Medan Maimun.

“Iya lae, saya caleg DPRD Kota Medan dari Partai Buruh dapil 5 nomor urut 2, kenapa saya mencalonkan diri di pileg 2024, karena ini merupakan pangggilan hati nurani untuk menyuarakan dan menampung aspirasi sahabat-sahabat saya dari kalangan buruh dan kaum marjinal,” ujar Rosen Jaya Sinaga kepada awak media ini, Selasa (14/11/2023) di salah satu kantin di Jalan Sakti Lubis, Kota Medan.

Kemudian Rosen melanjutkan, seperti diketahui masih banyak para buruh atau pekerja di Kota Medan yang bekerja menerima di bawah Upah Minum Kota (UMK), yang sebesar Rp3.600.000 sekian itu, lalu pemikiran muncul bagaimana mereka harus mencukupi biaya pengeluaran keluarga dengan pendapatan di bawah UMK.

Jadi atas dasar kepedulian melihat kehidupan sosial dan lainnya membuat tekad ini harus terjun ke dunia politik.

Pribadi yang Supel
Rosen Jaya Sinaga lahir di Kecamatan Seribu Dolok, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara 49 tahun silam. Ia memiliki 6 anak, dari istri pertama Helen br. Simatupang 3 orang, kemudian isteri pertamanya meninggal dunia (+). Lalu Rosen Jaya Sinaga kembali menikah dengan Ratna Dewi suku Tionghoa dari pernikahannya itu mendapatkan 3 anak.

Caleg dapil 5 Kota Medan ini dalam kesehariaannya selalu berpenampilan sederhana, sifat supel yang dimilikinya ini membuat dia selalu mudah beradaptasi dimana dan kepada siapa saja, kehadirannya di dalam pergaulan sering mampu mencairkan suasana, sehingga cenderung mudah menarik simpati serta lebih disukai.

“Dalam mencari rezeki untuk menghidupi keluarga saya tidak pernah tebang pilih mulai dari bawa becak, supir angkot, truk, Metax (Medan Taxi) dan kerja di beberapa pabrik-pabrik bahkan sampai kenek batu (kenbat) istilah orang Medan untuk kerja dibangunan pun sudah dikerjakannya, jadi saya tahu betul bagaimana perasaan dan kehidupan seorang buruh dan kaum marginal atau kaum pinggiran,” ungkap Rosen, yang juga menjabat Divisi Infokom di Persadaan Pomparan Toga Sinaga/Boru (PPTSB) Wilayah Sumut 1, Ketuanya Sairon Sinaga.

Sehingga rasa prihatin yang saya alami dan dialami orang lain menggugah hati ini untuk dapat berbuat lebih banyak lagi kepada kaum buruh. Selain itu saya aktif juga dalam kegiatan sosial di Kota Medan, bahkan sebagai Ketua Devisi Investigasi Yayasan Sahabat Orang Miskin (Sormin) periode 2023-2028. Yang sebelumnya bernama Yayasan Peduli Pemulung Sejahtera Sumatera Utara (Sumut), Ketuanya Uba Pasaribu, yang sudah di Kota Medan sebagai aktivis sosial, tambahnya.

13 Platform Program Perjuangan
Di sela-sela obrolan dengan Rosen Jaya Sinaga, ia pun menjelaskan bahwa dalam ideologi Partai Buruh adalah Pancasila dengan titik tumpu pada Sila Kedua dan Kelima, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Asas partai ini Negara Sejahtera atau Walfare State.

Sebagai kader Partai Buruh, Rosen juga membeberkan bahwa di Partai Buruh ada 13 Platform Program Perjuangan, yaitu 1.Kedaulatan Rakyat, 2. Penyediaan Lapangan Kerja, 3. Pembrantasan Korupsi, 4. Jaminan Sosial, 5. Kedaulatan Pangan, Ikan, Ternak, 6. Upah Layak, 7. Pajak yang Berkeadilan untuk Kesejahteraan Rakyat, 8. Hubungan Industrial, 9. Lingkungan Hidup, HAM dan Masyarakat Adat.

Kemudian 10. Perlindungan Perempuan dan Anak Muda, 11. Pemberdayaan Penyandang Cacat (Disabilitas), 12. Perlindungan dan Pengangkatan Status PNS untuk guru atau tenaga pendidik honorer dan tenaga honorer, serta peningkatan kesejahteraan guru atau tenaga pendidik swasta dalam bentuk bergaji minimal upah minimum perbulan, 13. Memperkuat Koperasi dan BUMN bersama swasta sebagai pilar utama perekonomian.

Dari ke 13 Platform Program Perjuangan Partai Buruh itu, Rosen mengatakan jika nanti diberikan kepercayaan atau amanah oleh masyarakat dari dapil 5, itu juga bagian dari perjuangan yang harus saya perjuangkan.

“Makamya saya harapkan di pemilihan legislatif 2024 nanti, semoga pemilih tidak masuk dalam perangkap money politic, sebab dari pemilih yang cerdas akan terpilih juga wakil yang cerdas,” harap Rosen Jaya Sinaga mengakhiri. (h pakpahan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *