Pj Bupati Terima Kunjungan Kerja Wagub Sulut dalam Rapat Kerja Lengkap bersama Pemda Sitaro

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw melakukan rapat kerja dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), di Auditorium Kantor Bupati Sitaro, Jumat (3/11/2023).

IMG-20240227-124711

Terpantau oleh media TRIBRATA TV, Wagub Steven didampingi Penjabat Bupati Kepulauan Sitaro Joi Eltiani Bernadin Oroh.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro mengucapkan selamat datang, selamat bakudapa (bertemu) di Bumi Karangetang Mandolokang Kolo-kolo kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Drs. Steven O.E. Kandouw bersama rombongan, diiringi ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatiannya terhadap Kab. Kep. Sitaro melalui kunjungan kerja saat ini sebagai bagian dalam implementasi tugas dan tanggungjawab membangun Bumi Nyuir Melambai, kata Pj Bupati.

Dalam kesempatan itu Penjabat Bupati menyampaikan keberadaan Kabupaten Kepulauan Sitaro, pencapaian pembangunan serta beragam prestasi yang diraih.

Kemudian, Pj menuturkan menindaklanjuti arahan Presiden RI pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik Serta Mengoptimalkan Implementasi Program Strategis Nasional bahwa terdapat 2 perhatian utama yaitu penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

“Dalam hal penanganan stunting Pemerintah Kab. Kep. Sitaro telah me-launching Inovasi Gesit Eva’s sesuai Surat Keputusan Bupati Nomor 156 Tahun 2022 yang menetapkan Perangkat Daerah, Anggota DPRD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan pihak swasta lainnya menjadi orang tua asuh bagi balita stunting dan balita gizi kurang pada pelaksanaan intervensi dan monitoring menggunakan Sistem Informasi Pelayanan Dasar (SEPeDa). Untuk pelaksanaan intervensi spesifik pemberian susu dan makanan tambahan dan sensitif dengan pembangunan rumah tinggal layak huni serta pembangunan jamban dan pemberian Jamkesda, “ujarnya.

Sementara dalam hal penanganan kemiskinan ekstrem, Pemkab Sitaro melakukan Inovasi Gesit S’makin Ekstrem (Gerakan Sitaro Menghapus Masalah Kemiskinan Ekstrem) dengan menyusun regulasi/aturan terkait percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, melakukan verifikasi data P3KE dan memetakan program/kegiatan serta melakukan intervensi yaitu rehab rumah layak huni, pembangunan jamban dan bantuan pangan.

Selanjutnya, dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana hibah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp26,5 miliar. Kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebesar Rp8,5 miliar, Polri sebesar Rp5 miliar, dan TNI sebesar Rp2,5 miliar. Dengan total hibah daerah sebesar Rp 42,5 miliar.

Terkait penanganan dampak elnino dan inflasi, Oroh mengatakan Pemerintah Daerah telah mendirikan posko darurat kekeringan dan rawan air untuk penanganan kebakaran dan penyaluran air bersih serta melalui Inovasi Daerah Gerakan Sitaro Menanam dan Membuat
Pasar Murah.

Kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manado dengan Pemerintah Sitaro. Dilanjutkan peluncuran pelaksanaan Lomba Kampung/Kelurahan dalam mencegah dan mengatasi Kasus Anak Stunting (Ungke Mang Sunaung), serta penyerahan berbagai bantuan kepada masyarakat penerima.

Turut bersama dalam acara ini Anggota DPRD Provinsi Sulut Toni Supit, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Denny Kondoj bersama para Asisten, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sitaro, Direktur RSUD dan Kepala Puskesmas, Camat/Lurah/Kapitalau, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK dan lainnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *