Tiba di Sitaro, Kepala BNPB RI Tinjau Percepatan Penanganan Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengunjungi pengungsi erupsi Gunung Api Ruang Tagulandang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sabtu (04/05/23).

IMG-20240227-124711

Pantauan Tribrata TV, Letjen TNI Suharyanto tiba di Aula Kadademahe, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro dan memantau serta berbincang-bincang dengan para pengungsi.

Letjen TNI Suharyanto, mengatakan kehadiran di Kabupaten Sitaro ingin memastikan kondisi para pengungsi dan ketersediaan kebutuhan dasar untuk pengungsi terutama balita, anak-anak dan Lansia. Meski di pengungsian yang penuh keterbatasan, namun secara fisik  rata-rata masyarakat masih semangat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya di lokasi terdampak, agar tetap tenang, waspada, dan terus mengikuti informasi dari pemerintah, dalam hal ini Pusat Vulkanologi dan BNPB beserta aparat pemerintah lainnya, jangan termakan isu-isu atau hoax atau berita-berita yang menyesatkan,” kata Kepala BNPB.

Pemerintah pusat hingga pemerintah daerah akan melakukan penanggulangan bencana di wilayah Gunung Ruang. Oleh sebab itu, warga di sekitar Gunung Ruang diminta tenang menghadapi musibah.

“Yakinlah bahwa pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI-Polri, relawan, dan segenap komponen bangsa lainnya ini akan tetap serius dan konsisten untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro,” ujar Suharyanto.

BACA JUGA  Kapolres Raja Ampat Sertijab Pejabat Utama

Diketahui BNPB salurkan Dana Siap Pakai (DSP) Rp2,25 miliar untuk penanganan darurat. Pemerintah Pusat melalui BNPB juga telah menyalurkan bantuan berupa DSP dengan total 2,25 miliar rupiah yang diberikan dua tahap untuk mendukung seluruh rangkaian penanganan darurat bencana erupsi Gunung Api Ruang.

Adapun tahap pertama rinciannya Rp300 juta kepada Pemprov Sulawesi Utara, Rp250 juta kepada Kodam XIII/MDK, Polda Sulawesi Utara Rp250 juta, Lantamal VIII Rp150 juta, Lanud Sam Ratulangi sebesar Rp150 juta dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro senilai Rp350 juta.

Kemudian pada tahap kedua meliputi Rp200 juta kepada Korem 131/Santiago, Kodim Sitaro Rp200 juta, Polres Sitaro Rp150 juta, Kota Manado Rp150 juta dan Kota Bitung Rp150 juta.

Di samping itu, BNPB juga memberikan bantuan berupa logistik dan peralatan yang juga didistribusikan dalam dua tahap. Tahap pertama, BNPB telah menyalurkan berupa tenda pengungsi 5 unit, tenda keluarga 100 unit, light tower 4 unit, genset 4 unit, sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, hygiene kit 300 paket, matras 300 lembar, selimut 300 lembar, kasur lipat 150 lembar, masker 300 dus, velbed 50 unit, toilet portabel 10 paket, survival kit pengungsi 300 paket dan terpal sebanyak 320 lembar.

BACA JUGA  Satbrimob Polda Aceh Berikan Bantuan Sembako Masyarakat Miskin

Adapun bantuan logistik dan peralatan tahap kedua meliputi seng 10 ribu lembar, tenda pengungsi 6 unit, light tower 3 unit, sembako 500 paket, hygiene kit 300 paket, masker 52 box, terpal 1.000 lembar, fire pump 23 HP 5 unit, SCBA set 15 unit, Rescue Tool Combi 4 set, alat penjernih air 10 unit, sleeping bag 500 unit, solar panel 20 set, paku seng 1.000 box, susu protein 200 dus, air mineral 500 dus dan toolkit 30 set.

Dari seluruh bantuan yang telah diserahkan tersebut, Suharyanto meminta agar segala yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat terdampak dapat segera dipenuhi. Dia juga meminta agar semua upaya penanganan darurat yang berhubungan dengan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama.

BACA JUGA  Peringati HPN Insan Pers Gelar Dialog

Pada saat status keadaan darurat bencana ditetapkan, BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mempunyai kemudahan akses diantaranya pengerahan sumber daya manusia, pengerahan peralatan dan logistik, pengadaan barang/jasa, penyelamatan, serta komando untuk memerintahkan instansi/lembaga.

Sementara itu kedatangan Kepala BNPB RI ini disambut oleh Pj. Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Drs. Joi E. B. Oroh yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sitaro, Forkopimda Kabupaten Sitaro bersama Kerua DPRD Kabupaten Sitaro Djon Ponto Janis.

Asisten I menyampaikan ucapan selamat datang kepala BNPB RI bersama jajarannya dan berkesempatan melakukan diskusi dengan kepala BNPB terkait penanganan bencana Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro.

Kepala BNPB kemudian menyerahkan bantuan kepada para pengungsi.

Turut serta dalam rombongan dari Jakarta yaitu Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, Kapusdatin BNPB Dr. Abdul Muhari, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sitaro dan lainnya.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000