HMI Gelar Dialog Publik di Sanggau

IMG-20240409-WA0076

Sanggau, TRIBRATA TV

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pontianak menggelar Dialog Publik dengan tema “Moderasi Beragama dan Menjinakkan Politik Identitas Keagamaan” di Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Kalbar, Sabtu (4/11/2023)

IMG-20240227-124711

Dialog ini dihadiri Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Sanggau Ayu Yusuf, Kaban Kesbangpolinmas, Anton, KBO Sat Binmas Polres Sanggau Iptu Subardi, para alumni HMI, Ketua DPD POM Edy Sofyan dan para tamu undangan serta mahasiswa Polnep Kabupaten Sanggau.

KBO Sat Binmas Polres Sanggau mengatakan dialog ini diharapkan tidak hanya semata-mata pertemuan atau pun seremonial saja namun dapat berkontribusi langsung untuk kemajuan bangsa dan negara di berbagai bidang khususnya dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjalang Pemilu serentak.

BACA JUGA  Tim Mabes Polri Cek Stok Pangan di Kalbar Jelang Nataru

Ia mengatakan peran publik menjadi bagian penting dari proses penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 untuk memastikan Pemilu berjalan jujur, adil, demokratis, berintegritas, bermartabat dan damai.

Partisipasi politik tidak sekadar persoalan dari sisi pemilih menggunakan hak pilihnya, tetapi juga bagaimana publik berperan dalam menciptakan proses Pemilu yang kredibel, bersih, tanpa konflik dan kekerasan.

BACA JUGA  BPBD Kalbar Siap Bersinergi Cegah Karhutla

“Komitmen kolektif dan semangat integratif kita merupakan hal yang amat penting dalam pencegahan dan antisipasi terhadap berbagai bentuk pelanggaran Pemilu, konflik politik, kekerasan, penyalahgunaan jabatan, keberpihakan penyelenggara Pemilu, dan mobilisasi politik melalui intimidasi (paksaan) dan iming-iming (bujukan) uang (money politics),” katanya.

Menurutnya tantangan saat ini dan ke depan adalah membangun kultur politik yang lebih dewasa, bersaing secara sehat dengan memegang etika dan norma serta menerima hasil dari proses demokrasi tersebut dengan politik lapang dada.

BACA JUGA  Karantina Entikong Patroli Gabungan di Jagoi Babang Antisipasi Kegiatan Ilegal

“Pemilu adalah bagian dari pesta demokrasi yang secara periodik mesti kita jalani. Semoga masyarakat kita mampu memaknai Pemilu serentak 2024 sebagai proses pendewasaan berdemokrasi, dan menuju perubahan bangsa yang semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi,” ucapnya.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun,” tukas Iptu Subardi. (Syamsumen)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *