IMG-20240505-WA0006

Pemda Sitaro Sudah Siapkan Dana Pilkada Bupati 2024

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro telah menyiapkan anggaran untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

IMG-20240227-124711

Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk penyelenggaraan pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. Yakni untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sitaro Denny D. Kondoj, kepada sejumlah wartawan, belum lama ini.

Dimana Pemda Sitaro telah menyiapkan dana hibah bagi penyelenggaraan Pilkada 2024 untuk diberikan kepada KPU dan Bawaslu sebelum tahapan pilkada dimulai.

“Jadi pembahasan anggaran dengan penyeleggara pemilu, baik KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu sebagai pengawas dan TNI/Polri sebagai pengaman itu sudah selesai dan sudah dituangkan dalam berita acara antar kedua lembaga yakni KPU dan Bawaslu bersama pemerintah daerah, “ujarnya.

Sekda menyampaikan untuk anggaran KPU disetujui sebesar Rp 26,5 miliar dan Bawaslu Rp 8,5 miliar.

“Persetujuan anggaran itu sudah ditandatangani bersama yang dihadiri Ketua KPU dan Ketua Bawaslu, “ucapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa ketentuan pelaksanaan Dana Hibah Penyelenggaraan Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Tahun 2024 akan dituangkan lebih lanjut pada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang akan ditanda tangani oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan penyelenggara pemilu.

“Untuk NPHD sendiri menunggu Pj Bupati yang sementara dalam tugas. Sebenarnya dari Provinsi ingin mengagendakan serentak se-Sulut tapi ada Kabupaten/Kota yang sudah mengagendakan sesuai waktu yang ditentukan oleh mereka sendiri, sehingga untuk Kabupaten Sitaro akan menempuh langkah seperti itu, kita akan menandatangi naskah perjanjian hibah daerah ini dalam waktu yang tidak begitu lama, “tukasnya.

Selain itu, Kondoj menjelaskan adapun anggaran untuk pengamanan Pilkada masih dalam tahap pengajuan dan akan diagendakan selanjutnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *