Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Pj Bupati Sitaro Joi Oroh, Hadiri Rakor Penjabat Kepala Daerah Se-Indonesia

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Siatro), Joi Eltiano Bernadin Oroh menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan para penjabat kepala daerah se-Indonesia.

IMG-20240227-124711

Rakor tersebut digelar di Istana Negara juga dihadiri Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, mendampingi presiden RI, Senin,(30/10/2023).

Kegiatan tersebut digelar dalam pemantapan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta mengoptimalkan implementasi program strategis nasional.

Dalam kesempatan tersebut,
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi langsung kepada ratusan penjabat (Pj.) kepala daerah agar netral pada Pemilu Serentak 2024.

Jokowi ingin para penjabat kepala daerah membantu KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu.

“Tidak intervensi apa pun. Membantu. Anggaran segera disegerakan. Dan juga saya minta jangan sampai memihak,” kata Jokowi.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian juga mengingatkan lima isu strategis yang harus menjadi perhatian Pj Kepala Daerah. Pertama, para penjabat diharapkan bisa menguatkan  keberadaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Setiap pemerintah daerah wajib untuk menyampaikan informasi pembangunan, keuangan, hingga informasi daerah lainnya ke SIPD. Kedua, terkait dengan budaya kerja, Presiden Joko Widodo telah meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menerapkan budaya kerja BerAKHLAK.

Ketiga, terkait kunjungan ke luar negeri, kunjungan tersebut tidak bermanfaat, karena banyaknya biaya yang digunakan.  

Keempat, mempercepat pendidikan berhitung bagi para siswa sekolah dasar dengan metode Gampang, Asyik, Menyenangkan (GASING) yang diciptakan ahli Matematika dan Fisika, Prof. Yohanes Surya.

Kelima, terkait dengan penghematan belanja bagi pegawai yang bisa digunakan untuk menutupi kekurangan dana bagi infrastruktur, sehingga tuntutan rakyat terhadap pembangunan infrastruktur dasar bisa terdanai. 

Jokowi mengumpulkan 197 kepala daerah di Istana Negara. Sebanyak 194 orang pj. kepala daerah hadir di pengarahan Presiden RI kepada para Penjabat Kepala Daerah se-Indonesia.

Mereka yang hadir terdiri dari 23 penjabat gubernur, 37 penjabat wali kota, serta 133 penjabat bupati. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *