Inspektorat Kubu Raya Gelar Bimtek Aplikasi Siswaskeudes

IMG-20240409-WA0076

Kubu Raya, TRIBRATA TV

Untuk meningkatkan kompetensi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa secara transparan, efektif dan disiplin anggaran serta penggunaan dana desa yang dapat dipertanggung jawabkan secara akuntabel, Inspektorat Daerah Kabupaten Kubu Raya melaksanakan Bimtek Siswaskeudes (Sistem Pengawasan Keuangan Desa) pada Rabu (26/10/2022).

IMG-20240227-124711

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Inspektorat Kabupaten Kubu Raya menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dan diikuti Pejabat Fungsional Auditor (PFA) dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD) Inspektorat Kabupaten Kubu Raya.

Bimbingan Teknis SISWAKEUDES ini dibuka Inspektur Daerah Kabupaten Kubu Raya H. Y. Hardito yang menyampaikan Bimtek ini sangat penting untuk kegiatan pengawasan.

“Kedepan kita sudah mengandalkan teknologi tidak lagi manual, sehingga bukan hal yang mustahil dengan teknologi ini kita bisa mencapai 100% cakupan audit terhadap keuangan desa”, ungkap Hardito.

Alfi Ulfatunnafi dan Muhammad Ishak Arofik yang menjadi narasumber memberi pengenalan aplikasi SISWASKEUDES, pihak yang terlibat dalam pengembangan, framework aplikasi SISWAKEUDES, tahapan audit pengelolaan Keuangan dan menu utama aplikasi.

Selain itu juga disampaikan SISWASKEUDES dibutuhkan berbagai hal seperti mendapat regulasi pemda untuk mengawasi keuangan desa.

Kondisi desa yang sangat beragam, anggaran desa yang semakin besar, berkonsep manajemen risiko dan continous audit monitoring, modul/alat bantu yang belum tersedia untuk mengawasi keuangan desa serta penerapan teknik audit secara digital.

Dijelaskan juga manfaat Aplikasi SISWAKEUDES. Misalnya menentukan desa prioritas untuk dilakukan audit (berdasarkan analisis risiko), merumuskan peta permasalahan sebagai dasar tindakan selanjutnya, menghemat waktu audit (efisiensi waktu), menghasilkan  kertas kerja audit dan draft LHA (Laporan Hasil Audit) secara otomatis dan terstandar, serta pendokumentasian proses dan hasil pengawasan lebih tertib dan rapi.

Dalam kegiatan Bimtek dilaksanakan praktek penggunaan aplikasi SISWASKEUDES. Bimtek yang dilaksanakan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi maupun meningkatkan kinerja APIP dalam melakukan pengawasan sekaligus memberikan nilai tambah dalam mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang baik. (masudy)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *