IMG-20240501-WA0019

Bandara Bung Karno Siau Diharapkan Segera Beroperasi

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Kelulauan Siau Tagulandang (Sitaro) melanjutkan kepemimpinan Bupati periode sebelumnya terutama dimasa kepemimpinan Pj Bupati Joi Oroh dalam upaya meningkatkan kemajuan pembangunan terus memperlihatkan perkembangan yang signifikan.

IMG-20240227-124711

Salah satunya yang saat ini mendapat perhatian yaitu perkembangan pembangunan bandar udara yang sudah selesai.

Beberapa hari lalu, Rabu (4/10/2023) Pj Bupati Kepulauan Sitaro Joi Oroh meninjau Bandar Udara (Bandara) Bung Karno Siau, untuk mengecek dan memastikan fasilitas bandara bersama didampingi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara kelas III Naha Tahuna Satuan Pelayanan Siau Dwi Aryanto bersama Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PUPRPKP, Camat Siau Barat Selatan, Camat Siau Timur Selatan.

Saat diwawancarai oleh beberapa wartawan, Pj Bupati menjelaskan Bandara Bung Karno yang terletak di Kampung Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan itu telah siap untuk diresmikan dan dioperasikan.

“Untuk kesiapan semuanya sudah siap baik terminal, runway dan fasilitas penunjang lainnya yang dibutuhkan penumpang memang sudah siap. Jadi kita tinggal menunggu operator yang akan terbang disini, “ujar Pj.

Ia menuturkan, untuk tahun depan berdasarkan informasi dari Kepala Bandar Udara Naha memang sudah ada program khusus yang sudah dipersiapkan oleh Kementrian Perhubungan terkait pesawat yang akan melayani rute Siau.

“Jadi pada prinsipnya kesiapan dari bandara ini sudah sangat siap untuk pengoperasian airlines nanti, “katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara kelas III Naha Tahuna Satuan Pelayanan Siau Dwi Aryanto menjelaskan terkait persiapan maskapai penerbangan untuk segera dioperasikan.

“Kami bersama ibu bupati sudah beberapa kali berkomunikasi juga sudah berkomunikasi dengan beberapa maskapai Wings Air, Susi Air. Tapi memang kendala kita ada di harga yang ditawarkan oleh maskapai, harga yang belum kompetitif untuk masyarakat sehingga harapan ibu (Bupati waktu itu) meminta harga untuk lebih ringan kemudian block sheet nya juga lebih sedikit daripada harga yang ditawarkan oleh mereka, “katanya.

“Kami sampai sekarang juga masih melanjutkan komunikasi itu, apabila memang nanti memang dimungkinkan diakhir tahun ini akan ada penerbangan itu nanti kita akan laksanakan penerbangan tapi dengan harga yang kompetitif, “sambungnya lagi.

Dwi menuturkan terkait peresmian, pihaknya telah mengajukan permohonan kepada Menteri Perhubungan dan sementara menunggu dari Kementrian Sekretariat Negara untuk menentukan jadwal pelaksanaannya.

“Untuk peresmian, kamu sudah berapa kali mengajukan permohonan kepada Menteri Perhubungan dan dari Menhub sudah mengajukan ke Setneg, namun dari pak Menteri Perhubungan juga masih menunggu informasi dari Mensesneg,” jelasnya.

Senada dengan itu Pj Bupati terus berharap agar bandara ini segera dioperasikan untuk memberi kemanfaatan bagi masyarakat.

“Tentunya dengan adanya penerbangan ini bisa meningkatkan perekonomian, pariwisata, serta sektor lainnya. Dengan adanya kunjungan dari wisatawan tentunya pemerintah daerah kita akan lebih menyiapkan infrastruktur pariwisata yang ada di daerah, ini akan lebih meningkatkan roda perekonomkan di daerah untuk Sitaro kedepan yang lebih maju dan hebat, “tutup Oroh.(jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *