Pj. Bupati Sitaro Bersama Jajaran Sambut Kedatangan Pengungsi Erupsi Ruang

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pj Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Drs. Joi E. B. Oroh bersama seluruh jajaran pemerintah menyambut kedatangan ratusan orang pengungsi erupsi Gunung Ruang Tagulandang, di Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (1/5/2024) melalui pelabuhan Ulu Siau pada pukul 11.30 WITA dengan KMP. Lokongbanua.

IMG-20240227-124711

Terpantau kedatangan warga masyarakat Mandolokang ini disambut baik oleh jajaran pemerintah daerah. Setibanya di Pulau Siau mereka diarahkan menuju ke GMIST Jemaat Ulu, dan dilayani dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi erupsi gunung api ruang.

Pj. Bupati Kepulauan Sitaro Drs. Joi E. B. Oroh menuturkan bahwa Pemerintah Daerah menyambut dengan baik kedatangan dan telah memfasilitasi pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Ruang yang tiba di Siau.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan OPD terkait bersama stakeholder lainny untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk saudara-saudara kita dari Tagulandang,” ucap Bupati Oroh.

BACA JUGA  Kadivpas Kanwil Kemenkumham Aceh Beri Penghargaan Petugas Lapas Meulaboh

Kebanyakan para pengungsi ini ada yang dijemput oleh saudara, dan
tidak banyak memiliki sanak saudara di Pulau Siau, Pemerintah telah menyiapkan tempat/posko pengungsian untuk mereka.

Ia menambahkan, untuk itu pihaknya juga sudah mempersiapkan kebutuhan logistik serta menyiapkan tim kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Sitaro.

Ia mengatakan, sesuai pendataan yang dilakukan para pengungsi itu ada yang tinggal di Posko Pengungsian yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dan ada juga yang ke keluarganya masing-masing, ada pula masyarakat yang sukarela memberikan rumah untuk ditinggal sementara para pengungsi.

Berdasarkan sumber data dari Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Evita Janis melalui Conny Bawotong Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengatakan rincian pengungsi sementara per 1 Mei 2023, yakni Pengungsi di Aula Kadademahe ada 32 orang, laki-laki 15 orang, perempuan 17 orang dan pada keluarga pengungsi di Siau ada 296 orang, laki-laki 126 orang, perempuan 170 orang yang didalamnya ada 5 orang ibu menyusui, 5 bayi, 24 balita, 50 anak-anak, 31 remaja, 149 dewasa dan 48 lansia.

BACA JUGA  Wadir Ditpolairud Polda Aceh Hadiri Upacara Hari Nusantara

Sementara itu, Data logistik yang dikirim oleh Pusat Krisis Kesehatan, diantaranya logistik untuk masyarakat yakni 10.000 pcs masker bedah, 3.000 pcs masker anak, 4 unit Oxygen Concentrator, kemudian Logistik untuk petugas di lapangan meliputi 10 pasang sepatu boots, 200 buah kacamata google, 100 pack Grow Tablet, multivitamin (Imboots) 100 pack, 1 pack Logistik TCK EMT tipe 1 mobile, 1 unit tenda pos kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, juga mendapat bantuan berupa sumbangan terpal, kebutuhan MCK, dan makanan oleh organisasi profesi yang disalurkan kepada nakes terdampak. Total masker yang disalurkan IFK Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, untuk penanggulangan bencana erupsi Gunung Ruang 16 April-1 Mei 2024 sebanyak 27.000 pcs.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro telah memperpanjang status siaga darurat erupsi Gunung Api Ruang, selama 14 hari ke depan terhitung mulai tanggal 30 April sampai 14 Mei 2024.

BACA JUGA  Sehari Menjabat, Kapolda Banten Tinjau Dapur Umum Lapangan TNI Polri

Sebelumnya Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Sitaro kembali berstatus Awas, Level IV, setelah kembali erupsi pada hari Selasa, (30/4/2024) pukul 02.35 WITA.

Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan.

Masyarakat pula diharap tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

Turut bersama Asisten Pemerintahan Sekda dan Kesra Novia Tamaka, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Poputra, Kepala Dinas Kesehatan Evita Janis, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hendrik Lalamentik, Kepala Dinas Perhubungan Indra Purukan, Kepala Dinas Kominfo Stenly Tukunang, Kaban Kesbangpol Gandawari Mulalinda, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Rolly Korengkeng, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Richard Sasombo, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Nova Lahengking,  Dinas P3AP2KB Fabiola Papona, Dirut PDAM Haris Bingku, Kapolsek Sitim Harli Buida, TNI/Polri, dan lainnya.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000