Massa Demo di PN Palembang Tolak Intervensi Persidangan

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

Massa dari Masyarakat Peduli Pembangunan Masjid Sriwijaya (MPPMS) melakukan aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Kelas 1A Palembang, Kamis (7/10/2021).

IMG-20240227-124711

Aksi tersebut untuk mengawal dan mengawasi proses peradilan para pejuang pembangunan Masjid Raya Sriwijaya, agar memperoleh keadilan tanpa intervensi.

Dalam orasinya, koordinator aksi Sanusi menyampaikan beberapa sikap MPPMS atas perkara yang sedang berlangsung diantaranya, jangan membuat opini yang menyesatkan dengan statement yang cenderung merugikan para tersangka, sedangkan fakta di pengadilan tidak terbukti.

“Sidik dan awasi para penyidik dari Kejaksaan Tinggi yang telah membabi-buta menetapkan para tersangka dengan dakwaan yang kabur tidak cermat dan ceroboh serta membuat kegaduhan,” katanya.

BACA JUGA  Apes, Jual Jagung di Marketplace, Ibu Dua Anak Ditipu Calon Pembeli

Sanusi juga mengatakan, mereka mendatangi lembaga peradilan ini, agar dalam mengadili dengan seadil-adilnya dan tidak merugikan. Tetap melihat fakta-fakta yang terjadi.

“Kita juga menuntut untuk stop kriminalisasi para pejuang pembangunan Masjid Sriwijaya, stop fitnah tentang Masjid Sriwijaya, dan menuntut pembangunan Masjid Sriwijaya dilanjutkan,” ujar Sanusi saat berorasi.

“Kami akan terus mengawal proses peradilan para terdakwa agar memperoleh keadilan, berupa kebebasan tanpa intervensi pihak lain. Serta meminta Polri agar menyelidiki penyebar fitnah Masjid Sriwijaya,” pungkasnya.

BACA JUGA  Diduga Lalai, Bus Rajawali Tabrak Belakang Dua Mobil Sekaligus

Usai memyampaikan orasinya, massa aksi diterima Humas Pengadilan Negeri Kelas 1A Palembang Abu Hanifah. Abu Hanifah mengapresiasi atas dukungan MPPMS yang tmemantau perkembangan perkara Masjid Sriwijaya.

“Kami pastikan PN Palembang tidak akan terintervensi oleh pihak manapun terkait penegakan hukum kasus Masjid Sriwijaya,” ujar Hanafiah.

“Terhadap kewenangan penetapan tersangka sebagaimana tuntutan tadi itu sepenuhnya kewenangan pihak penyidik Kejati Sumsel,” kata Abu Hanifah.

“Kami juga pastikan, besok kami ke lokasi pembangunan Masjid Sriwijaya, untuk mengecek langsung bagaimana kondisi sebenarnya pembangunan Masjid Sriwijaya saat ini,”katanya.

BACA JUGA  Usai Cekcok dengan Suami, Wanita Hamil 8 Bulan Gantung Diri

Namun, lanjut Abu, PN Palembang juga menyediakan media dalam upaya hukum lainnya berupa upaya Praperadilan bagi yang merasa diperlakukan tidak adil dalam penetapan para tersangka dalam perkara ini.

“Percayalah pengadilan tidak akan terinvertasi dalam persidangan perkara ini, murni independen. Total los kerugian, kami hitung, dan kami Jumat ini akan datang ke lokasi pembangunan Masjid Sriwijaya, tolong jangan hambat dan dukung kami,” tandasnya. (Suherman)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *