Wakil Bupati Nias Sambut Audensi Tim Kementerian Kesehatan RI

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Wakil Bupati Nias Arota Lase menyambut audensi Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk eliminasi malaria di Ruang Duria Balaki Lantai II, Kantor Bupati Nias, Kamis (05/10/2023).

IMG-20240227-124711

Hadir Tim Penilai Eliminasi Malaria Pusat dari Kementrian Kesehatan RI dan rombongan, Pendamping Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias.

Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan P2KB, Dermawan Halu, menjelaskan kegiatan ini untuk membangun komitmen bersama dalam pemberantasan malaria di Kabupaten Nias serta membahas upaya-upaya yang akan dilakukan ke depannya agar Kabupaten Nias bebas dari penyakit malaria.

BACA JUGA  Opini WTP, Pemkab Karo Terima Penghargaan Kemenkeu

Ketua Tim Assessment Eliminasi Malaria Haryanto mengajak Pemerintah Kabupaten Nias berkomitmen untuk mencapai eliminasi malaria seperti yang diharapkan.

“Pada kesempatan ini kami turun langsung ke lapangan untuk dapat membuktikan bahwa di Daerah Kabupaten/Kota sudah memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditentukan,” katanya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Nias Arota Lase menyampaikan malaria merupakan salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian pada manusia. Kabupaten Nias salah satu daerah endemis malaria di Kepulauan Nias dan saat ini telah dilakukan berbagai upaya pemberantasan. Sampai dengan tahun 2020 terakhir ditemukan dan sejak saat itu sampai dengan tahun 2023 belum ditemukan kasus malaria di Kabupaten Nias.

BACA JUGA  Administrasi KUSUMA Sampaikan Penjelasan Penerapan Manajemen Risiko

“Upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini antara lain pembagian kelambu kepada masyarakat yang beresiko, pemberian alat penyemprotan nyamuk kepada masing-masing puskesmas se-Kabupaten Nias, larvasida untuk membasmi jentik nyamuk dan penyediaan obat malaria secara gratis,” ujarnya lagi.

“Selain itu, meningkatkan kapasitas SDM kesehatan baik di Puskesmas, Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, juga menyediakan sarana prasarana di puskesmas dan di rumah sakit serta menyediakan anggaran untuk pemberantasan malaria melalui APBD Kabupaten Nias,” tambahnya.

Ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Nias sangat menyambut baik kedatangan Tim Penilai Eliminasi Pusat di Kabupaten Nias sebagai bagian dari upaya pemberantasan malaria di Wilayah Kabupaten Nias sebagaimana Visi dan Misi Pendidikan, Kesehatan dan SDM Beranjak.

BACA JUGA  SDN 106192 Desa Besar 2 Terjun Pantai Cermin Gelar Vaksinasi Massal

Untuk itu, ia berpesan kepada jajaran Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias untuk terus mengupayakan pemberantasan malaria benar-benar dilaksanakan dengan melibatkan berbagai lintas sektor dan masyarakat.

“Kepada Kementrian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara diharapkan tetap mendukung eliminasi malaria di Kabupaten Nias, baik dalam bentuk penyediaan sarana mikroskopis, obat anti malaria dan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan khususnya pengelola malaria di Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Puskesmas dan Rumah Sakit,” harap Wakil Bupati. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *