Kemenag Sitaro Gelar Pembinaan Moderasi Beragama dan Penguatan Paham Kebangsaan

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara menggelar kegiatan pembinaan moderasi beragama dan penguatan paham kebangsaan bertempat di GPdI Mawar Sharon Pehe, Siau Barat pada Minggu (26/9/202.

IMG-20240227-124711

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sitaro, Archilaus Egeten memberi pembinaan tentang Moderasi Beragama dan Penguatan Paham Kebangsaan.

“Moderasi beragama adalah upaya mengambil jalan tengah dalam kehidupan beragama dengan menjaga dan mengembangkan toleransi, sikap terbuka terhadap perbedaan yaitu saling menerima perbedaan yg ada, sehingga tercipta kerukunan antar umat beragama, “ujarnya.

Pembinaan ini pun senantiasa bersinergi dengan pemerintah dalam setiap gerak langkah pelayanan.

“Dalam setiap gerak langkah pelayanan, kegiatan yang dilakukan ini senantiasa bersinergi dengan pemerintah sehingga terwujud koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antara pemerintah juga secara intern dengan umat beragama, “tutur Egeten.

Kegiatan ini dilakukan disela-sela ibadah minggu jemaat GPdI Mawar Sharon Pehe.

Kakan Kemenag mengatakan pembinaan dilakukan dalam setiap pelaksanaan tugas penyuluh agama non PNS baik Kristen maupun Islam.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan moderasi beragama perlu adanya kegiatan pembinaan seperti ini, dilakukan dalan setiap pelaksanaan tugas penyuluh agama baik Kristen maupun Islam. “Jadi dapat dipantau melalui pelaporan-pelaporan yang dimasukkan setiap bulan, “tambahnya.

Diakhir penyampaiannya Egetan juga menegaskan tingkat perkembangan pembinaan oleh tokoh-tokoh agama di Sitaro sangat baik.

“Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat bahwa indikator prestasi dalam suasana kehidupan umat beragama yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam situasi yang kondusif”, imbuhnya.

Peran pemerintah juga dalam hal ini pemerintah kabupaten dan Kemenag terus memantau dan melakukan koordinasi menyangkut kerukunan umat beragama dan penguatan paham kebangsaan melalui program FKUB. (Jemmi)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *