Lantik Ketua Partogam Dairi-Pakpak Bharat, Kenali Diri dan Ingat Penderitaan

IMG-20240409-WA0076

Dairi, TRIBRATA TV

Marulak Simanullang akhirnya resmi dilantik sebagai Ketua Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kabupaten Dairi-Pakpak Bharat, masa bakti 2023-2027.

IMG-20240227-124711

Ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka dan Surat Keputusan (SK) oleh Ketua Umum Partogam Sumatera Utara (Sumut) Dr. Ir. Sanco Simanullang, S.T., M.T., IPM.ASEAN Eng, pelantikan digelar di Gedung Serbaguna GKPI Sidikalang, Kabupaten Dairi, Minggu (10/9/2023).

Turut hadir pada pelantikan Ketua Dewan Penasehat Drs. Marganti Manullang, Sekretaris Umum Bontor Simanullang, S.Sos., M.SP dan Bendahara Umum Portim Manullang, S.I.P., M.E, Pengurus Partogam Medan Saranan Manullang, utusan pomparan Sirajaoloan, dan pengurus Kabupaten dan Kecamatan Partogam Dairi-Pakpak Bharat.

“Boto lungun (kenali diri, ingat penderitaan),” ungkap Sanco Simanullang saat memberikan sambutan.

“Kenapa boto lungun?, karena kita jauh tertinggal dengan marga-marga Batak lainnya. Ayo bersatu, jangan seakan merebut tarombo terus-terus,” katanya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Selasa (12/9/2023) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dairi Robot Simanullang juga didaulat memberikan kata sambutan mewakili unsur anak Partogam.

“Kita harus bersatu, agar kita memperoleh kemajuan. Ayo lihat sejarah, bagaimana pendahulu kita telah berjuang keras dan menunjukkan prestasi tingkat nasional. Lantas kita, sejauh mana?,” jelas Sanco memotivasi pomparan Simanullang yang hadir dalam perhelatan itu.

BACA JUGA  Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama, Sabrina Doakan Mabrur dan Mabrurah

Sanco mengisahkan, pada masa lalu sepak terjang jurnalis Tuan MH Manullang melawan penjajah, membuatnya dinilai layak untuk memperoleh penghargaan Pahlawan Nasional.

Tuan MH Manullang sudah bergaul dengan para pejuang seperti Abdul Muis di Bandung, Agus Salim di Batavia dan HOS Tjokroaminoto di Surabaya.

“Cakrawala Tuan Manullang sudah luas, telah menyadari bahwa kesadaran kebangsaan harus bersama-sama dibangkitkan semua kalangan, nasionalisme lepas dari ikatan primordial,” tukas Sanco seraya menambahkan banyak tokoh Manullang yang sudah berkiprah dan dikenal luas dalam tingkat nasional.

Sebut saja, Gustav Adolf Manullang, atau lebih dikenal dengan nama Letkol GA Manullang.

“Salah satu jalan utama di Kabupaten Humbang Hasundutan, Dolok Sanggul mengabadikan namanya,” ucap Sanco sembari menambahkan GA Manullang adalah perwira menengah TNI Angkatan Darat dan juga Komandan Pertama Yonkav-7/ Sersus.

“Beliau gugur di Kongo dalam pasukan Kontingen Garuda III, dia dikirim ke Kongo pada 1962. Ia juga pernah menjadi Ajudan Menteri Koordinator Hankam/KSAD Jenderal Besar TNI A.H. Nasution dan digantikan Kapten Czi (Anumerta) Pierre Tendean. Beliau dimakamkan di taman makam pahlawan Kalibata Jakarta,” kenang Sanco.

Ia juga menyebut, ada juga Mantan Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara/Bakin, Dr. AC Manullang yang telah dikenal luas di Masyarakat. Beliau pakar intelijen negara ini.

BACA JUGA  Malam Natal, Dirut PUD Pasar Pantau Posko di Pasar

Lantas, saat ini bagaimana?

“Untuk saat ini, jabatan tertinggi, ada Ompung Drs. Marganti Manullang yang pernah duduk 2 periode sebagai Wakil Bupati Humbahas. Harapan kita kedepan akan lebih banyak muncul bibit-bibit muda penerus kemajuan Manullang,” ujar Sanco.

Oleh karena itu, imbuh putra Hutagurgur Dolok Sanggul ini, generasi muda harus dapat memetik semangat para pendahulu untuk terus berjuang dan memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa terutama keluarga Manullang.

“Dengan rasa bangga, kami sampaikan selamat atas dilantiknya pengurus Partogam Kabupaten Dairi-Pakpak Bharat. Kiranya dapat dibentuk hingga desa-desa dan sektor. Tuhanlah memberkati,” ujar Wakil Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut ini.

Sementara itu, diserahkan pula secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi para pengurus terpilih.

“Ayo kita daftar ramai-ramai jadi peserta Jamsostek. Mempersiapkan diri menghadapi resiko,” katanya.

“Apalagi para petani, pedagang dan pekerja informal lainnya. Dengan biaya murah, Rp 16.800 per bulan, usia 17 s/d 65 tahun, akan mendapatkan uang duka Rp 42 juta apabila terjadi resiko kematian,” kata suami Dessi Veronika Simanjuntak dan ayahanda dari Trio Sasro, Ernesto Sasro, Taraja Sasro dan Glorindo Sasro.

BACA JUGA  Jalan Lintas Sumatera Putus di Tapteng

Susunan Pengurus Partogam Dairi-Pakpak Bharat periode 2023-2027:

Ketua : Marulak Simanullang
Wakil Ketua 1 : Jahotlin Simanullang
Wakil Ketua 2 : Luat Darson Simanullang
Wakil Ketua 3 : Guntur Simanullang
Wakil Ketua 4 : Ramot Simanullang
Wakil Ketua 5 : Joel Simanullang
Wakil Ketua 6 : Edison Simanullang

Sekretaris : Togap Simanullang
Wakil Sekretaris 1 : Arwadi Simanullang
Wakil Sekretaris 2 : Ardono Simanullang
Bendahara : Sahab Simamora
Wakil Bendahara : Evi Yanti br Simanullang

Sebelumnya, para pengurus Partogam Kecamatan Kabupaten Dairi-Pakpak Bharat telah dilantik di Sopo Godang HKBP Sukan Debi, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara Jumat (1/9/2023) lalu.

Kegiatan pelantikan tersebut berlangsung meriah dan mengundang perhatian warga, lantaran ada sekitar 280 kepala keluarga (KK) yang hadir dari keseluruhan kurang lebih 400 KK se-Kabupaten Dairi.

Pelantikan itu dilakukan oleh Wakil Ketua Pembangunan SDM yang mewakili Partogam Sumatera Utara Dr. Pardomuan Simanullang, S.Pd., M.Pd.

Adapun pengurus Partogam Kecamatan yang dilantik, Kecamatan Tigalingga, Kecamatan Gunung Sitember dan Kecamatan Tanah Pinem. Kemudian, setelah Partogam Kecamatan dilantik dilanjut melantik pengurus Partogam Desa Laumil. (Bonni)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *