Hukum  

Kapolsek Samalantan Hadiri Ritual Adat Penyelesaian Konflik PT. MKI dengan Karyawan

IMG-20240409-WA0076

Bengkayang, TRIBRATA TV

Dimana bumi dipijak disitulah langit di junjung. Pepatah itulah yang menggambarkan suasana ritual adat di Desa Sakataru, Jumat (2/9/2022) pagi.

IMG-20240227-124711

Ritual adat itu digelar sebagai tanda berakhirnya perselisihan antara karyawan dengan PT. Matahari Kubu Investama (MKI).

PT. MKI adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit di Desa Sakataru Kecamatan Lembah Bawang Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

BACA JUGA  Kirim Kontra Memori, Jonni Silitonga: Pemohon Hanya Mengulang Jawaban

Setelah berkonflik terkait hak-hak karyawan beberapa lama akhirnya perselisihan tersebut selesai seiring pertemuan yang menghasilkan kesepakatan kedua pihak. Kesepakatan itu tercapai dalam mediasi yang berlangsung di Polsek Samalantan pada 25 Agustus 2022.

Menurut Philipus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Lembah Bawang, ritual adat damai merupakan upaya menjaga kondusifitas wilayah atau upaya dalam membantu penyelesaian permasalahan yang terjadi.

BACA JUGA  Kejatisu Periksa Adik Rektor UINSU Terkait Dugaan Jual Beli Jabatan dan Pengaturan Proyek

Hadir dalam ritual adat Dayak tersebut antara lain Adris, Camat Lembah Bawang, Kapolsek Samalantan, Ipda Nusantara Sembiring, Ketua Koperasi Lamantant Maranjang Mandiri Gito Sugoroto dan Direksi PT. MKI Ann Kok Seng dan staf serta karyawan.

Adris, Camat Lembah Bawang mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas upaya damai antara kedua belah pihak.

Senada dengan camat, Kapolsek Samalantan Ipda Nusantara Sembiring minta kedua belah pihak menghargai adat damai yang telah dibuat.

BACA JUGA  Ayah dan Abang yang Perkosa Remaja 13 Tahun, Ditahan Terpisah dari Tahanan Lain

Selama perselisihan ini Polres Bengkayang telah menerjunkan beberapa personilnya, hal ini untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

Tercapainya kesepakatan damai ini tidak lepas dari itikad baik dan upaya penyelesaian oleh perusahaan dan karyawan serta dukungan masyarakat setempat. (Rinto Andreas/r)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *