IMG-20240501-WA0019

LIPPSU: Pemko Medan Cederai Cagar Budaya Lapangan Merdeka, Revitalisasi Gali Tanah Bangun Basement

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Setelah kolam air mancur sebagai tanda Titik Nol Kota Medan hilang dan berubah menjadi lahan parkir, Pemko Medan saat ini merusak lahan Lapangan Merdeka dengan menggali tanahnya sedalam 6 meter. Sementara tanah bekas galiannya entah dibuang kemana.

IMG-20240227-124711

Hal ini diketahui Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) bersama dengan Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) saat meninjau Lapangam Merdeka Medan pada Jum’at (27/8/2022) kemarin.

“Penyelenggara kota ini telah melakukan pembohongan publik, Pemko telah mencederai situs Cagar Budaya Lapangan Merdeka, katanya revitalisasi tapi kenyataan di lokasi, Lapangan Merdeka akan dirusak dan tanahnya digali untuk dibangun basement, sementara bekas tanah galiannya jutaan kubik entah dibuang kemana, tanah galian itukan juga termasuk asset, apa ini yang di katakan revitalisasi?, saya tidak ngerti maksudnya ini,” kata Ketua LIPPSU, Azhari A.M Sinik

“Kenapa Pemko Medan tidak terus terang saja, Lapangan Merdeka akan dirombak peruntukan dan fungsinya menjadi Taman Terbuka Publik dan Bassement, tidak lagi menjadi Cagar Budaya sebagai icon kota?,” tanyanya.

Ia menilai Pemko Medan melakukan pmbohongan publik. “Sudah dananya dari uang rakyat, rakyatpun dibohongi lagi, semacam tidak beradab penyelenggara kota ini,” ujarnya lagi.

Menurutnya kawasan Lapangan Merdeka saat ini sudah tidak lagi menjadi kawasan Heritage dan Cagar Budaya Kota, sudah hampir punah dengan alasan mengikuti kondisi perkembangan kota modern yang tidak berbudaya.

Pemko Medan sendiri dari sebelumnya memang tidak mampu mempertahankan kawasan tersebut, seperti dinding jam yang berada pada Stasiun Kereta Api, sudah dirubah, jembatan gantung pada stasiun kereta api tidak berfungsi sebagai mana layaknya, hotel dan restoran samping Lapangan Merdeka sekarang berubah jadi kantor Bank Mandiri, kolam air pancur sebagai icon sejarah Titik Nol Kota Medan, sekarang menjadi lahan parkir, empat sudut cofee shop mini di Lapangan Merdeka sudah rata sama tanah dan banyak lagi bukti bukti sejarah kota ini yang sudah dihilangkan. (tim)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *