IMG-20240501-WA0019

Pemko Tanjungpinang Akan Revitalisasi Wilayah Pantai dengan Menanam Pohon Pinang

IMG-20240409-WA0076

Tanjungpinang, TRIBRATA TV

Setiap daerah mempunyai cerita unik di balik penyebutan namanya. Begitu juga dengan asal nama Kota Tanjung Pinang. Tak semua tahu tentang asal usul di balik nama Ibukota Provinsi Kepulauan Riau itu.

IMG-20240227-124711

Asal usul penamaan “Tanjung Pinang” tidak dapat dilepaskan dari keberadaan sebuah pohon Pinang. Nama Tanjung Pinang sendiri diambil dari posisinya yang menjorok ke laut yang oleh orang Melayu disebut Tanjung. Tanjung tersebut ditumbuhi oleh pohon Pinang, pohon pinang tersebut kemudian menjadi tanda bagi pelayar yang akan memasuki kawasan sungai Bintan atau Hulu Riau.

Konon pohon Pinang ini sengaja ditanam di tepian semenanjung dengan maksud sebagai penanda tempat untuk memudahkan anaknya yang melaut untuk pulang.

Pohon Pinang dipilih karena pohonnya dapat tumbuh hingga menjulang tinggi dan memiliki daya tumbuh yang kuat jika dibandingkan pohon lain.

Agar tidak terlepas asal usul penamaan Kota Tanjungpinang, Pj Walikota Tanjungpinang Hasan segera merevitalisasi pembangunan di areal kawasan tepi laut.

“Alhamdulillah, Pemko Tanjungpinang segera mulai lelang dilakukan revitalisasi untuk kawasan tepi laut, ” katanya, Kamis (18/4/2024).

Dikatakan Hasan, agar tidak terlepas asal usul nama penamaan kota Tanjungpinang, pemko akan tanam pohon Pinang yang sudah jadi.

“Alhamdulillah pohon Pinang akan kita tanam segera di kawasan tepi laut. Jadi, kita tidak lupa asal usul nama kota Tanjungpinang berasal dari mana. Berjejer kita tanami pohon pinang tersebut” katanya.

Selain itu kata Hasan, revitalisasi pekerjaan tersebut sudah termasuk perbaikan sticker Gedung Gonggong.

“Sticker Gedung Gonggong segera kita perbaiki, ” tutupnya.

IMG-20240310-WA0073