Bupati Sitaro Sambut Kedatangan Rombongan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Inventarisasi merupakan langkah yang amat penting untuk dilakukan dalam upaya pelestarian terhadap warisan budaya kebendaan/cagar budaya. Mengingat warisan budaya mempunyai sifat yang terbatas dan tidak dapat diperbarui.

IMG-20240227-124711

Berkaitan dengan ini Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melaksanakan beberapa kegiatan inventarisasi dan dokumentasi warisan budaya yang ada di Kabupaten Sitaro, Jumat (25/8/2023).

Seperti diberitakan di sitarokab.go.id, kegiatan dimulai dari tanggal 12 Agustus sampai 27 Agustus 2023 dengan rincian kegiatannya yakni dokumentasi jalur rempah di pulau terluar, inventarisasi objek pemajuan kebudayaan, dan inventarisasi cagar budaya di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

BACA JUGA  Diskominfo Sitaro Gelar Bimtek Pengoperasian Website

Dalam hal ini Pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Dikatakan Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Wakil Bupati Drs John H Palandung MSi saat menerima audiensi di Taman Pala Kompleks Kantor Bupati, menyampaikan bahwa kegiatan ini penting guna mendapatkan berbagai informasi tentang sebaran warisan budaya khususnya di Sitaro.

“Ini hal yang sangat baik apalagi Sitaro punya banyak budaya yang harus tetap dijaga untuk anak cucu kita”, kata Bupati.

BACA JUGA  Video: Kejar Zona Hijau, Polres Simeulue Rutin Operasi Yustisi

Bupati juga berharap kedatangan tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII ini dapat dimanfaatkan guna menambah pengetahuan tradisional serta membangun potensi kebudayaan, seni dan sejarah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Sasingen mengatakan bahwa aset dan sumber daya budaya, sejarah, dan seni di Sitaro banyak untuk dikembangkan.

“Ini juga bisa dijadikan media pembelajaran bagi anak-anak di Sitaro biar nanti jadi tahu budaya apa yang ada di daerah serta bisa melestarikannya”, tuturnya.

BACA JUGA  Video: Polres Sitaro Gelar Silaturahmi dengan Awak Media

Lebih lanjut, ia yakin banyak potensi yang bisa dikembangkan dan bekerjasama sehingga Sitaro dapat mewujudkan ketahanan budaya agar bisa berkontribusi terhadap budaya Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dra Dolly Polimpung bersama jajaran.(jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *