Pemkab Sitaro Ikuti Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Bupati Kepulauan Siau Tagulandang (Sitaro) menyaksikan siaran langsung Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Peringatan ke-78 HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023) pagi, yang diikuti secara virtual dari Auditorium Kantor Bupati Kabupaten Sitaro.

IMG-20240227-124711

Bupati didampingi Wakil Bupati John Palandung, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Tonny Supit, Ketua DPRD Kabupaten Sitaro Djon Ponto Janis. Hadir pula Kapolres AKBP Iwan Permadi, Dandim 1301/Sangihe diwakili Pabung Sitaro Kapten Chb Celcius T. Wangka, Danlanal Tahuna di wakili oleh Letda laut (P) Ardi Prihantoro (Danposal), mewakili Kejari Kepulauan Sitaro Lintong Samuel, Sekretaris Daerah Denny Kondoj, Asisten Sekda, Pimpinan OPD.

Sebelumnya, Pemkab Sitaro telah menggelar Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023 di Lapangan Batahi Ondong dengan Bupati Evangelian Sasingen sebagai inspektur upacara.

Dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta dan disiarkan langsung ke seluruh Indonesia, Upacara Detik-Detik Proklamasi tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo, yang tampak mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng yang berasal dari Surakarta sedangkan Ibu Iriana Jokowi mengenakan busana adat Bali.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Sumatra Barat.

Sebagai Komandan Upacara yaiti Kolonel Arm Joko Setioyo Kurniawan, Perwira Upacara Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, Komandan Kompi Paskibraka Kapten Mar Ganteng Prakoso, Pembawa Bendera Merah Putih Lilly Indriani Suparman Wenda, Pengibar Bendera Merah Putih Bintang Wirastya RA, Pembentang Bendera Merah Putih Nathaniel Shawn Edgar Sondakh dan Pengerek Bendera Merah Putih Alfin Alfarisi.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka Sang Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Dengan sikap sempurna, Bupati, Wakil Bupati dan seluruh peserta upacara mengikuti rangkaian upacara melalui tayangan layar lebar di Auditorium Kantor Bupati.

Upacara Detik-Detik Proklamasi dimulai tepat pukul 10.00 WIB, diawali bunyi sirine, dan dentuman meriam.

Terpantau oleh media, Pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta yang dipimpin Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, dan kemudian diikuti pembacaan Doa yang dibawakan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Secara keseluruhan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan Ke-78 RI di Istana Merdeka Jakarta berjalan khidmat. Setelah pengibaran bendera Sang Merah Putih, rangkaian upacara ini juga diisi dengan persembahan lagu-lagu nusantara oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara. Kemudian atraksi fly pass pesawat tempur dan helikopter TNI AU yang melintas di atas Istana Merdeka, Hiburan oleh Putri Aryani Semifinalis American Go Talent, Hiburan musik oleh artis Nasional serta Penyerahan hadiah kepada undangan yang menggunakan Pakaian Adat terbaik. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *