Sanco Simanullang Resmi Jabat Waka Kanwil BPJS Sumbagut, Ini Profilnya

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Jabatan Kepala Kantor BPJS Cabang Padang Sidimpuan dari Dr. Sanco Simanullang, S.T., M.T., IPM ASEAN Eng resmi diserahterimakan kepada pejabat baru Eris Aprianto, yang sebelumnya Kepala Bidang Kepesertaaan Kantor Cabang Graha BPJamsostek, Jakarta.

IMG-20240227-124711

Serah terima jabatan (Sertijab) ini dipimpin Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Henky Rhosidien.

Sementara, sertijab tersebut digelar di Kantor Wilayah Sumbagut Jalan Kapten Pattimura, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (14/8/2023).

Sertijab ini turut dihadiri para Wakil Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Cabang se-Medan Raya (Medan Kota, Medan Utara, Tanjung Morawa dan Binjai).

Diketahui, Kantor BPJS Cabang Padang Sidimpuan ini membawahi 12 wilayah Kabupaten/Kota yakni, Tabagsel, Tabagteng dan Kepulauan Nias.

Sanco Simanullang, telah memimpin Kantor Cabang Padang Sidimpuan sejak bulan Februari 2022 hingga Agustus 2023. Kurang lebih 1, 5 tahun Sanco memimpin wilayah tersebut.

Kini, Sanco Simanullang bertugas di Kota Medan, yang dipercaya menjabat sebagai Wakil Kepala Kantor Wilayah Sumbagut Bidang Kepesertaan.

Jabatan Sanco ini berdasarkan SK Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Nomor KEP171/082023 terbit tanggal 2 Agustus 2023.

Sanco Simanullang, menggantikan posisi Awalul Rizal yang dimutasi menjadi Kepala BPJS Kantor Cabang Cileungsi, Bogor.

BACA JUGA  Tolong! Anak Penderita Tumor Ganas Ini Butuh Bantuan

Selama memimpin Padang Sidimpuan, Sanco dinilai seorang pekerja keras dan berhasil memberi performa yang cukup menggembirakan.

Luar biasanya, sejak tahun 2022 hingga Juli 2023, BPJS Padang Sidimpuan masuk dalam jajaran kantor terbaik tingkat Nasional.

Pengganti Sanco, Eris Aprianto juga dinilai berprestasi sehingga memperoleh promosi jabatan menjadi Kepala BPJS Kantor Cabang Sidimpuan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Henky Rhosidien mengungkapkan pergantian pimpinan atau mutasi jabatan merupakan sesuatu yang biasa dan lumrah, dimana tujuannya adalah untuk penyegaran.

Henky berharap, kepemimpinan yang baru BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidimpuan dapat mempertahankan dan merebut juara Nasional di akhir tahun 2023.

“Seni pendekatan dan negosiasi kepada stakeholder di daerah, tentunya jauh berbeda dengan yang ada di Ibukota Jakarta,” kata Henky.

“Namun saya yakin Pak Eris akan cepat beradaptasi dan optimis dapat membawa Kacab Padang Sidimpuan lebih bersinar lagi,” katanya.

Menurut Hengky, mempertahankan prestasi jauh lebih sulit dari pada meraih posisi.

“Kita tahu bang Eris juga berprestasi di Jakarta. Namun tantangan di Sidempuan Raya juga cukup besar dan luas karena wilayah kerjanya ada yang masuk 3T wilayah terluar, dan terpencil seperti Kepulauan Nias,” katanya.

BACA JUGA  Sibolga Raih Nilai Indeks Baik dalam Ujian Dinas

Kepada Wakil Kakanwil Bidang Kepesertaan yang baru, Henky berharap dapat mendongkrak kepesertaan dan meningkatkan kinerja disisa masa waktu hingga akhir tahun.

“Saya yakin Kanwil Sumbagut dapat meningkatkan kinerja terbaik untuk mengejar ketertinggalan. Selamat datang Lae Sanco di Kanwil Sumbagut, kiranya dapat meningkatkan quality dan sustainability, dan mudah-mudahan pada akhir tahun ini bisa mendapatkan kinerja terbaik. Saya doakan semua teman-teman yang hadir dan yang di cabang dapat sehat dan semangat menuntaskan pertandingan hingga akhir tahun, dalam melindungi pekerja Indonesia,” bebernya.

Profil Dr. Sanco Simanullang, S.T., M.T., IPM ASEAN Eng

Sanco Simanullang, sebelum menjadi Kepala Kantor Cabang Padang Sidimpuan, adalah Kepala Cabang Sibolga tahun 2021, juga merintis pembukaan Cabang Karo menjabat Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karo tahun 2015, Kepala Pemasaran Jamsostek Tanjung Morawa tahun 2013, Kepala Bidang Teknologi Informasi Cabang Belawan tahun 2012, dan Kepala Bidang Umum dan SDM Jamsostek Sibolga tahun 2011.

Sanco Simanullang, pria kelahiran Dolok Sanggul, 30 Maret 1975 menyelesaikan pendidikan SD Hutagurgur Tahun 1986. SMP Negeri 1 Dolok Sanggul Tahun 1990, dan SMA Negeri Dolok Sanggul Tahun 1993.

BACA JUGA  Zulkifli Sarapan Pagi Bersama Warga Menampung Aspirasi

Lalu, Sanco melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku kuliah, dia meraih Sarjana Teknik Informatika dari Universitas Gunadarma, Jakarta tahun 1999.

Tak berhenti disitu, Sanco kembali meraih Magister Teknik Industri dari Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2005, dan Doktor Teknik Industri USU tahun 2019.

Ia juga tersertifikasi sebagai anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan penerima Sertifikat dari ASEAN Engineer (Persatuan Insinyur ASEAN).

Pada tahun 2021, Sanco pernah calon Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) yang masuk 3 besar, dan Calon Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan masuk 13 besar. Sanco juga pernah masuk dalam bursa Dirjen Imigrasi.

Dalam bidang sosial, sejak 2019 suami Dessi Veronika Simanjuntak dan ayahanda Trio Sasro, Ernesto Sasro, Taraja Sasro dan Glorindo Sasro ini tercatat sebagai Ketua Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kota Medan, dan dilanjutkan menjadi Ketua Umum Partogam Provinsi Sumatera Utara (2023) dan Pengurus Pusat Yayasan Kesehatan HKBP.

Pada kegiatan diluar dinas, Sanco Simanullang juga aktif tercatat sebagai dosen di beberapa Kampus swasta ternama yang mengajar mahasiswa S1 dan S2. (Bonni).

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *