IMG-20240505-WA0006

Pemkab Sitaro Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tafulandang Biaro (Sitaro) menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka yang ke-62 tahun 2023 di Lapangan Batahi Ondong, Senin (14/8/2023).

IMG-20240227-124711

Dalam sambutannya, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, mengucapkan rasa syukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana kini telah genap berusia 62 tahun.

“Pada tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter,” ucapnya.

Peringatan ulang tahun pramuka kali ini mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan. Di samping itu, Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara; terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,”ungkap Bupati.

Ia menambahkan, harus diakui jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

“Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus depan-Gugus depan Pramuka di mana pun berada. Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus depan yang berada di wilayah masing-masing, “tambahnya.

Bupati berharap agar kakak-kakak dan adik-adik pramuka dapat turutnmendukung pelaksanaan berbagai kegiatan tingkat nasional.

“Khusus terkait Musppanitra dan Munas Gerakan Pramuka, saya berharap agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketual Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan, “kata Ibu Bupati Evangelian Sasingen.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara itu diantaranya Wakil Bupati John Palandung, Sekretaris Daerah Denny D. Kondoj bersama para Asisten Sekda, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setda, Camat, Lurah, Pimpinan Kwartir Ranting beserta para andalan dan staf, adik-adik pramuka siaga, penggalang, penegak, dan pandega serta seluruh peserta upacara. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *