IMG-20240501-WA0019

Rumah Adat Balla Lompoa Bajeng Gelar Pengibaran Bendera dan Pencucian Pusaka Kerajaan Bajeng

IMG-20240409-WA0076

Gowa, TRIBRATA TV

Upacara bersejarah menghiasi pelataran Rumah Adat Balla Lompoa Bajeng, Limbung, Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, Senin (14/08/2023) pagi.

IMG-20240227-124711

Kegiatan yang melibatkan pengibaran bendera Merah Putih pertama dan bendera kerajaan Bajeng, serta pencucian benda pusaka kerajaan, telah diselenggarakan dengan khidmat.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Mayjen TNI (purn.) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, Ilham Arief Sirajuddin, serta perwakilan dari Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa.

Turut hadir pula Dandim 1409 Gowa, Kapolres Gowa yang diwakili Kasat Binmas Iptu Abdul Wahab Maulana, Kapolsek Bajeng, Camat Bajeng, serta unsur-unsur pemangku adat kerajaan Bajeng dan pengurus yayasan Balla Lompoa Bajeng.

Pada kesempatan itu disampaikan secara singkat mengenai silsilah keluarga besar kerajaan Bajeng dan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan Gaukang Tubajeng juga terdengar emosional.

Kegiatan Gaukang Tubajeng, yang juga melibatkan pengibaran bendera Merah Putih dan bendera kerajaan Bajeng, merupakan upaya pengurus yayasan dan keluarga besar kerajaan Balla Lompoa Bajeng dalam menjaga adat istiadat serta memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai bukti kesatuan dan semangat nasional, acara ini akan terus dikenang dalam sejarah kerajaan Bajeng.(Edi Hamzah/H.k.dg.ramma)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *